Dinkes Sidoarjo Kunjungi Puskesmas Sempu

0
164

SEMPU-Sabtu (16/2), Puskesmas Sempu menerima kunjungan kerja 35 karyawan dari Puskesmas Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Rombongan dipimpin dr. Sugeng Mualif, yang dulu pernah berdinas sebagai kepala Puskesmas Songgon era tahun 1980-an. Bagaikan pulang kampung dokter Sugeng dan rombongan mengendarai bus pariwisata. Mereka diterima oleh Kepala UPTD Puskesmas Sempu Hadi Kusairi, SKM, MMKes beserta staf dan komite Trisno Rogo.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam sambutan awal Sugeng mengatakan, dari segi sarana gedung antara Puskesmas Wonoayu dan Puskesmas Sempu berbeda jauh. Di Puskesmas Wonoayu, bangunan gedung Puskesmas sudah lebih representatif menginngat bangunan Puskesmas sudah banyak yang berlantai dua, sehingga mencerminkan bangunan dengan fasilitas modern. ”Berbeda dengan Puskesmas Sempu yang masih mencerminkan sebuah bangunan atau sarana kesehatan tempoe doloe yang penuh dengan kesederhanaan, tapi kaya prestasi,” ungkapnya.

Kepala Puskesmas Wonoayu yang juga sahabat karib dr Widji Lestariono alias dokter Rio, Pelaksana Tuhas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi itu mengaku heran. Puskesmas kecil di desa dengan kondisi tertata sederhana mampu tampil sebagai puskesmas berprestasi di tingkat kabupaten maupun Provinsi Jatim. Informasi prestasi berbagai bidang yang diraih Puskesmas Sempu, yang telah bersertifikat ISO 9001:2008 sejak 11 Maret 2011, itu menarik perhatiannya.

Loading...

Sehingga Puskesmas Sempu menjadi pilihan kunjungan kerjanya. Puskesmas Wonoayu akan belajar kepada Puskesmas Sempu tentang kebersihan dan keindahan lingkungan kerja. Baiknya pelayanan, berjalannya semua program, dan kekompakan karyawan. ”Walau puskesmas kecil, semua tempat pelayanan memiliki inovasi, sehingga akan diadopsi di Puskesmas Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo,” imbuh Sugeng. Rombongan Sidoarjo itu sempat melihat pelayanan unit dokter keluarga yang cepat dan excellent.

Puskesmas Sempu merupakan salah satu dari delapan puskesmas di Banyuwangi yang ditunjuk melaksanakan kegiatan puskesmas berbasis dokter keluarga. Pada dua bulan pertama sudah bisa mencapai target dua indikator, yaitu menekan rujukan dan menaikkan angka kunjungan. ”Program ini adalah merupakan ide cerdas dari Bupati Banyuwangi yang bekerja sama dengan PT Askes pusat dan program ini satu-satunya yang ada di Indonesia,’ kata Hadi Kusairi.

Hadi sempat memaparkan bermacam kegiatan program, capaian kinerja dan resep menata SDM maupun sumber daya lainnya. Setelah rombongan inspeksi ke ruangan dan unit kerja, mereka mengajukan ba nyak pertanyaan dalam forum diskusi. Di akhir kunjungan kerja itu, kepala Dinkes Rio menyampaikan apresiasi kepada Puskesmas Wonoayu. (radar)

Loading...