DPP PD rekom Sri Utami

0
176

dppCalon Wakil Ketua DPRD
BANYUWANGI – Penantian panjang dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) memiliki pimpinan definitif tampaknya akan segera berakhir. Rekomendasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD) tentang calon wakil ketua DPRD dari PD kini sudah turun. Selama ini rekomendasi DPP PD itu menjadi penyebab utama tertundanya pengesahan pimpinan dewan. Kabar tersebut disampaikan Ketua Fraksi PD DPRD, Wendriawanto alias Wewe, kemarin (13/10).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi, Wewe mengaku rekomendasi DPP PD tersebut sudah berada di tangan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto. Dikatakan, Michael berangkat ke kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD Jatim di Surabaya bersama Sekretaris DPC PD, Juliesetyo Puji Rahayu, Minggu lalu (12/10). Keduanya sengaja berangkat ke Ibu Kota Provinsi Intim untuk mengambil rekamendasi DPP PD terkait pimpinan DPRD Banyuwangi. 

“Rekomendasi itu saat ini (kemarin) sudah di tangan ketua dan sekretaris DPC PD Banyuwangi. Besok pagi (hari ini (14/10) rekomendasi itu sudah sampai di Banyuwangi,” ujarnya. Namun, Wewe mengaku tidak tahu siapa nama anggota dewan asal Fraksi PD yang dipercaya menempati posisi pimpinan definitif DPRD Banyuwangi tersebut. “Kalau :genangan. (wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi) tanya siapa yang mendapat rekomendasi dari DPP, saya tidak tahu,” kata dia. Yang pasti, imbuh Wewe. rekomendasi DPP PD itu akan segera diteruskan ke DPRD Banyuwangi.

Loading...

“Kami tegaskan, PD tidak menghalangi tugas-tugas atau kinerja DPRD. Selama ini DPC PD terus mengawal rekomendasi tersebut agar segera turun, sehingga pimpinan definitif dewan segera di lantik,” paparnya. Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris DPC PD Banyuwangi, Juliesetyo Puji Rahayu, membenarkan rekomendasi dari DPP PD tentang anggota dewan asal fraksi PD yang diutus men duduki kursi pimpinan dewan sudah turun. “Benar Rekomendasi dari DPP PD sudah turun,” ujarnya via sambungan telepon. 

Sama seperti Wewe, Juliesetyo enggan membela siapa leader PD yang direkomendasi menduduki jabatan empuk wakil ketua DPRD tersebut. “Besok (hari ini kita buka sama-sama,” kata dia. Sementara itu, sumber kuat Jawa Pos Radar Banyuwangi menyebutkan, anggota Fraksi PD yang mendapat rekomendasi dari DPP PD untuk menduduki kursi pimpinan dewan adalah Sri Utami Faktuningsih. Rekomendasi DPP PD itu tidak berbeda dengan rekomondasi dari DPD PD Jatim yang telah dilayangkan beberapa waktu lalu.

Sekadar tahu, Gubernur Jatim hingga kemarin belum menerbitkan SK pengesahan pimpinan definitif DPRD. Dari empat nama yang diajukan, satu calon pimpinan definitif belum mengantongi rekomendasi induk partainya, yakni dari calon wakil ketua DPD dari PD. Dalam surat yang di kirim pimpinan sementara DPRD ke gubernur untuk mendapat surat keputusan pengangkatan, ada nama I Made Cahyana Negara (calon ketua PDIP), Joni Subagio (calon wakil ketua DPRD PKB), Ismoko (calon wakil ketua DPRD, Golkar), dan Yusieni (calon wakil ketua DPRD PD). 

DPC PD mengusulkan nama Yusieni tanpa mendapat rekomendasi dari DPP PD lantaran pengusulan yang disampaikan DPC PD Banyuwangi masih diproses di Lingkar pusat. Di sisi lain, nama yang diusulkan DPC PD Banyuwangi itu tidak sama dengan calon pimpinan dewan yang direkomendasikan DPD PD latin!. DPD PD Jatim merekomendasikan nama Sri Utami Faktuningsih. DPC PD beralasan, sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PD, kewenangan menentukan pimpinan DPRD berada di tangan DPP. ”Kami siap tunduk kepada DPP. Kita tunggu saja siapa yang akan mendapat rekomendasi DPP,” kata Juliesetyo beberapa waktu lalu. (radar)

Loading...