Dua Parpol Setor DCS

0
221

BANYUWANGI – Tenggat waktu pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) semakin dekat. Kalangan partai politik pun mulai berdatangan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi untuk mendaftarkan calon bacaleg yang akan diusung pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014 mendatang. Bahkan, dalam sehari kemarin (20/4), KPU Banyuwangi menerima daftar calon sementara (DCS) bacaleg dari dua partai. Parpol yang pertama menyerahkan berkas adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Puluhan bacaleg dan pengurus partai berlambang matahari itu datang ke kantor KPU Banyuwangi sekitar pukul 09.40.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Beberapa jam berselang, giliran para bacaleg dan pengurus Partai Golongan Karya (Golkar) yang datang ke kantor KPU Banyuwangi untuk mendaftarkan bacaleg yang akan bertarung dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Ketua DPD PAN Banyuwangi, Juwaini mengatakan, pihaknya sengaja mendaftarkan bacaleg ke KPU Banyuwangi lebih awal dibandingkan parpol lain. “Kita ingin menjadi yang terdepan sekaligus menjadi yang terbaik dalam Pemilu Legislatif 2014 mendatang. Itu artinya PAN siap menang,” ujarnya.

Namun, Juwaini enggan menyebut target perolehan kursi pada pemilu mendatang. Menurut dia, sebagai partai nasionalis-religius, para bacaleg yang diusung PAN tidak melulu berasal dari kalangan Muhammadiyah atau dari internal partai. “Latar belakang caleg yang kita usung beragam. Hanya 15 persen yang berasal dari kalangan Muhammadiyah dan kader PAN. Sisanya berasal dari berbagai elemen. Ada yang berasal dari Ansor, Fatayat, nasionalis, mantan birokrat, kalangan profesional, bahkan artis,” paparnya.

Loading...

Optimisme senada juga dilontarkan Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Sumantri Soedomo. Dikatakan, pihaknya optimistis bisa meraih 14 kursi DPRD Banyuwangi pada Pemilu Legislatif 2014 mendatang Menurut Sumantri, berkaca pada Pemilu 2009 lalu, lumbung suara Partai Golkar berada pada Daerah Pemilihan (Dapil) I, Dapil IV, dan Dapil V. Selain itu, pada Pemilu Legislatif 2014 mendatang, Partai Golkar ber tekad memperoleh suara signifi kan di Dapil II dan Dapil III. “Kita bertekad meraih suara yang sempat hilang di Dapil III,” cetusnya.

Uniknya, di saat beberapa parpol mengalami kesulitan menjaring bacaleg perempuan, ternyata daftar bacaleg asal Partai Golkar justru jauh melampaui ke tentuan minimal 30 persen. “Dari 50 bacaleg yang kami usung, 20 di antaranya pe rempuan. Jika dipersentase, bacaleg perempuan Partai Golkar men capai 40 persen,” paparnya. Masih menurut Sumantri, sa ingan terberat Partai Golkar untuk memenangkan Pemilu legislatif 2014 adalah Par tai Demokrasi Indonesia Per juangan (PDIP). “Saingan ter berat Partai golkar adalah sa habat lama kita, yakni PDIP.

Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) juga patut diperhitungkan, karena ak hirakhir ini gerakan yang di lakukan Gerindra luar biasa,” jlentrehnya. Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pen daftaran Caleg KPU Banyuwangi, Su herman, membenarkan ada dua parpol yang mendaftarkan ba caleg-nya kemarin. Menurut dia, PAN dan Partai Golkar sama-sama menyerahkan berkas pendaftaran sesuai ketentuan ambang minimal bacaleg perempuan 30 persen.

 “Jumlah bacaleg dua partai ter sebut sama, yakni 50 orang yang tersebar di lima dapil se- Banyuwangi,” terangnya. Suherman kembali me ne kankan bahwa pendaftaran caleg akan ditutup pada Senin (22/4) pukul 16.00. “Partai Demokrat su dah mengonfi rmasi kepada kami akan mendaftar besok (hari ini 21/4). Sisanya mungkin mendaftar Senin, yakni bertepatan dengan hari terakhir pendaftaran,” pungkasnya. (radar)

Loading...