Dua Stasiun Kereta Api di Banyuwangi Akan Ganti Nama

0
458

BANYUWANGI – Dua stasiun Kereta Api (KA) di Banyuwangi akan berganti nama pada awal Desember 2019 mendatang. Dua Stasiun itu adalah Stasiun Karangasem dan Banyuwangi Baru.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari Jatimtimes, pergantian nama ini untuk mempermudah wisatawan yang datang ke Banyuwangi guna memilih stasiun tujuan yang ada di Banyuwangi.

“Pergantian nama dua Stasiun ini merupakan usulan dari Pemkab Banyuwangi kepada PT. KAI. Setelah dilakukan rapat direksi akhirnya usulan perubahan nama ini disetujui,” kata Humas PT. KAI Daop IX, Luqman Arif, disela audiensi dengan Pemkab Banyuwangi, Selasa (23/7/2019).

“Stasiun Karangasem akan berubah menjadi Stasiun Banyuwangi Kota. Sementara Stasiun Banyuwangi Baru akan berganti nama menjadi Stasiun Ketapang,” jelasnya.

Foto: jatimtimes

Perubahan nama tersebut akan berlaku mulai 1 Desember 2019 bertepatan dengan pemberlakuan grafik perjalanan baru KA. Perubahan nama juga dilakukan di sistem.

Lukman berharap perubahan nama ini akan memudahkan masyarakat khususnya yang dari luar Banyuwangi. Sebab, kata dia, selama ini memang masyarakat banyak yang bingung dengan keberadaan nama Stasiun Karangasem dan Banyuwangi Baru.

“Usulan ini disetujui untuk mendukung Pemkab Banyuwangi memudahkan masyarakat luar yang akan mengunjungi destinasi wisata di Banyuwangi khususnya dengan menggunakan moda transportasi Kereta Api,” bebernya.

Seiring dengan perubahan nama ini, menurut Arif, akan dilakukan renovasi di Stasiun Karangasem. Renovasi dan perluasan ini sudah diprogramkan untuk meningkatkan pelayanan pada pengguna jasa KA.

“Peningkatan pelayanan ini bisa dalam bentuk perluasan ruang tunggu, loket dan fasilitas lain,” ungkap Lukman.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Ali Ruchi menambahkan, usulan untuk perubahan nama itu dilakukan karena di Banyuwangi ada destinasi wisata internasional adalah Gunung Ijen. Stasiun yang paling dekat dengan gunung ijen juga menjadi stasiun yang juga menjadi stasiun destinasi wisata yaitu Stasiun Karangasem.

Stasiun ini akan ditreatment untuk lalu lintasnya. Karena jalur menuju Stasiun Karangasem sangat krodit saat kedatangan dan keberangkatan kereta. Kita akan coba menjadi satu jalur.

Jalan akan dilebarkan sedikit dan area parkir akan dikaji untuk dilebarkan. Kearifan lokal juga akan dimasukkan pada bangunan stasiun.

“Stasiun Karangasem ini sebisa mungkin juga menjadi destinasi wisata,” pungkas Ali Ruchi.

Loading...

There were no listings found.