The Latest Collection of News About Banyuwangi
English VersionIndonesian

Bersaing dengan Ribuan Peserta, Desa Wisata Adat Osing Banyuwangi Masuk 50 Besar ADWI 2024 – Tribunjatim.com

bersaing-dengan-ribuan-peserta,-desa-wisata-adat-osing-banyuwangi-masuk-50-besar-adwi-2024-–-tribunjatim.com
Bersaing dengan Ribuan Peserta, Desa Wisata Adat Osing Banyuwangi Masuk 50 Besar ADWI 2024 – Tribunjatim.com
Register your email to Subscribe to news delivered directly to your mailbox

Journalist Report Tribune Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGIDesa Wisata Adat Osing di Desa Kemiren, Glagah District, Kabupaten Banyuwangi masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Desa Wisata Adat Osing menjadi satu dari empat perwakilan desa wisata yang lolos ke babak akhir ajang yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ministry of Tourism and Creative Economy).

Desa Wisata Adat Osing Kemiren memiliki potensi budaya yang besar. Desa tersebut menjadi tempat tinggal masyarakat Suku Osing, a native of Banyuwangi. Suku tersebut masih melestarikan kebudayaan luhur mereka hingga kini.

Kekayaan budaya warga suku Osing meliputi adat istiadat, bahasa, manuskrip, kesenian, kuliner hingga permainan tradisional.

Wakil Ketua Pokdarwis Kencana, Muhammad Nanda Alhakim Akbar, explain, masuknya Desa Wisata Adat Osing ke babak 50 besar setelah pihaknya melewati beberapa seleksi.

Read too: 12 Desa Wisata di Jatim Lolos 100 Besar ADWI 2024, Penyumbang Terbanyak se Indonesia

Desa wisata tersebut bukan kali pertama mengikuti seleksi ADWI. On 2021, Desa Wisata Adat Osing sempat masuk ke babak 100 big. Namun gagal lolos ke tahap berikutnya.

“For this year, kami mengunggulkan kekayaan budaya masyarakatnya. Di sini ada masyarakat Suku Osing yang masih memegang erat adat istiadat di sini. Terlebih beberapa adat bisa dipertontonkan,” kata Nanda, Tuesday (28/5/2024).

Kegiatan budaya masyarakat suku Osing yang biasa menjadi atraksi wisata antara lain pertunjukan barong, tradisi mepe kasur, perayaan dan tumpeng sewu.

Masyarakat suku Osing juga memiliki busana dan rumah adat yang masih lestari. Busana adat suku Osing kental dengan kelir serba hitam. Sementara rumah adat suku Osing berbahan kayu dengan memiliki tiga desain, yakni balung, baresan, dan crocogan.

Read too: Raise Local Food, Residents of the Osing Banyuwangi Tribe Hold the Raksa Rumyat Bentur Festival

Nanda menjelaskan, pihaknya kini tengah bersiap menyambut rencana kunjungan tim ADWI ke Desa Wisata Adat Osing setelah lolos ke babak 50 big. Dalam kunjungan itu nanti, Pokdarwis akan mengenalkan berbagai potensi yang ada dengan tunjangan atraksi-atraksi wisata budaya.

Sekadar informasi, ADWI 2024 followed by 6.016 desa wisata se-Indonesia. Selain Desa Wisata Adat Osing, ada tiga desa wisata lain yang lolos babak 50 besar dari Jatim.

Masuknya desa wisata Banyuwangi dalam nominasi ADWI bukan kali pertama. On 2021, Desa Wisata Tamansari di Kecamatan Licin menyabet juara 1 kategori digital dalam ajang yang sama

Read too: Begin the Tumpeng Sewu Traditional Ritual Series, Residents of the Osing Kemiren Banyuwangi Tribe Jemur Mattress Together