Erek-erek Langganan Longsor

0
858

LICIN – Guyuran hujan yang kerap terjadi di Banyuwangi menyebabkan akses wisata menuju kawasan Gunung Ijen sering terganggu. Itu terjadi karena tanjakan Erek-erek sering dilanda longsor, sehingga lalu lintas kendaraan terganggu. Pada Rabu (10/7) lalu, tebing sebelah kiri dari arah Banyuwangi longsor dan menyebabkan jalan di Erek-erek tertimbun tanah. Walau tidak sampai macet total, tapi aktivitas wisatawan terganggu karena tanjakan menjadi licin.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Jalan masih bisa dilewati, tapi harus ekstra hati-hati, karena sangat licin,” ungkap Plt Camat Licin, Muhammad Lutfi , kemarin (13/7). Yang terbaru, di tanjakan Erek-erek ada pohon roboh yang menghalangi jalan Jumat malam lalu (12/7). Pohon yang ambruk itu langsung dipotong agar tidak menghalangi jalan. “Pohon yang roboh hanya kita potong. Setelah dipotong, kita biarkan di lokasi,” ujar Camat Lutfi .

Untuk mengatasi longsor yang terus-menerus terjadi itu, tahun ini pemerintah daerah akan membangun tembok penahan. Pembangunan tembok penahan itu menjadi prioritas karena sering terjadi longsor. Longsor sering terjadi sejak jalan itu dikepras. Untuk menghindari jalan terus longsor, maka harus segera dibangun tembok penahan. “Tahun ini, tembok penahan itu dibangun,” jelas Lutfi .

 Selain petugas kantor Kecamatan Licin, tim dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang (BMCKTR) juga turun ke lokasi longsor kemarin (13/7). Tim PU itu datang untuk membersihkan longsoran tanah agar tidak mengganggu kendaraan wisatawan. Saat ini, jalan itu sudah berhasil dibersihkan dan bisa dilalui tanpa terganggu tanah liat. “Musim hujan, tanjakan Erekerek sering longsor. Ruas ja lan ini menjadi salah satu titik pantau Dinas PU,” ujar Kasi Loborat dan Leger Jalan Dinas PU Banyuwangi, Yunus Kurniawan, kemarin. (radar)

Loading...

There were no listings found.

Kata kunci yang digunakan :