Gembleng Dokter Kecil

0
236
SINERGI: Kepala Puskesmas Sempu bersama Camat dan Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Fajar.

Geliat Tim Pembina UKS Kecamatan Sempu


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SEMPU- Puskesmas Sempu mengadakan penyegaran guru UKS dan pelatihan kader Tiwisada atau dokter kecil. Acara yang menggandeng UPTD Pendidikan dan Pendais Kecamatan Sempu, itu diadakan selama dua hari, pada 20-21 Juni 2012 di SDN Sempu 3 dan SDN Jambewangi 5.

Peserta terdiri dari 27 guru UKS, 70 kader kesehatan remaja, dan 200 kader Tiwisada dari 20 SD/MI, enam SLTP/MTs, dan satu SMK. Tujuan acara itu dalam rangka menanamkan pola hidup sehat sejak dini. Kegiatan itu sebagai bentuk implementasi dari surat keputusan bersama (SKB) empat menteri tahun 2003 tentang adanya tim pembina UKS Kecamatan Sempu, yang diketuai Camat Sempu Drs. Lukman Hakim.

Kegiatan dititikberatkan pada Trias usaha kesehatan sekolah, yaitu pendidikan kesehatan disampaikan oleh Nur Ali H, Amd.Keb, dan Fani Yudiarti, A.PG. Pelayanan kesehatan dipaparkan oleh Hendy Setyantoro, S.Kep dan Wirati Agustina. Sedangkan, pembinaan lingkungan sekolah dijelaskan oleh Catur Joni, S (ahli sanitasi), yang meliputi penghijauan, air bersih, kebun/apotek hidup, hala- man bersih, dll.

“Diharapkan masyarakat punya wawasan tentang Trias UKS serta mampu merubah pola hidup sehat, baik dirinya sendiri maupun masyarakat sekolah, sehingga akan bisa bersinergi dengan program Bupati dan Kadinkes Banyuwangi, yaitu Harga Pas dan Anak TOKCer, guna mendorong terwujudnya Banyuwangi yang sehat dan cerdas,” papar Kepala Puskesmas Sempu Hadi Kusairi, SKM, MMKes.

Ketua Tim Pembina UKS Sempu Drs. Lukman Hakim mengatakan, peserta diimbau selalu hidup sehat. Selain itu, menghindari narkoba, memahami kesehatan reproduksi remaja, tidak merokok, dan kali bebas bokong (Kali Bekong). Sedangkan, Kepala UPTD Pendidikan Sempu Drs. Siswanto, MPd mengaku akan selalu memfasilitasi semua program kesehatan yang disinergikan dengan Dinas Kesehatan.

Senada dengan Siswanto, Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili Kabid Penyehatan Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat H.S. Fajar Harijanto, APP, MKes menekankan optimalisasi peran Sektap (Sekertaris Tetap) UKS Sempu dan selalu melibatkan PKK Kecamatan Sempu maupun desa. “Perhatikan kesehatan lingkungan sekolah, sekaligus memberdayakan masyarakat di lingkungan sekolah,” pesan Fajar.

Kepala Puskesmas Sempu Hadi Kusairi mengatakan, sekolah merupakan lembaga yang strategis dalam penyelenggaraan pendidikan kesehatan. Dari kegiatan itu diharapkan, ke depan akan tumbuh dan tersedianya generasi sehat dan cerdas, yang mampu mengamalkan prilaku sehat. “Semua peserta mendapat sertifikat yang dikeluarkan oleh tim pembina UKS Kecamatan Sempu,” pungkasnya. (radar)

Loading...