Gempa Tremor Turun

0
379

SONGGON – Gunung Raung tampaknya menjadi pusat perhatian dalam dua pekan terakhir. Apalagi, hingga kini status gunung berapi tersebut masih siaga. Meski begitu, aktivitas gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (dpl) itu kini sudah menurun.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam sehari kemarin, gempa tremor yang tercatat di seismograf sudah lebih rendah dibanding hari-hari sebelumnya. Beberapa hari lalu, amplitude rata-rata tercatat sampai 25 mm. Tetapi, kini hanya 22 mm. Kepala Pos Pengamatan Gunung Raung Balok Suryadi menuturkan, secara global aktivitas Gunung Raung menurun. Meski begitu, penurunan gempa tremor tersebut tidak terlalu rendah.

Loading...

’Mulai turun, tapi status tetap siaga,” ungkapnya. Sementara itu, sejak status gunung terbesar se-Jawa itu ditetapkan siaga pada tanggal 22 Oktober 2012 lalu, pos pengamatan nyaris tidak pernah sepi Sebab, banyak warga yang terus berdatangan di pos tersebut. Mayoritas warga ingin melihat seismograf yang bisa merekam gempa tremor.

Kedatangan warga tersebut tidak hanya pada siang hari. Pada malam hari pin banyak warga dari luar desa yang datang. Kebanyakan yang datang ada lah warga yang terdampak langsung bencana, seperti war ga Kecamatan Kalibaru, Glenmore, dan Sempu. (radar)