Gunung Ijen Keluarkan Ledakan

0
539

Agen Travel Diimbau Tidak Mendaki
LICIN – Aktivitas kegempaann Gunung Ijen sejak seminggu terakhir mengalami peningkatan. Bahkan, sekitar pukul 14.00 Kamis kemarin (1/10) di dasar kawah Gunung Ijen dilaporkan terdengar ledakan cukup keras tiga kali.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pasca ledakan tersebut, aktivitas pendakian ke kawah Gunung Ijen ditutup sementara untuk umum. Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Banyuwangi, Pujiadi, membenarkan kabar ledakan di dasar lumrah Gunung Ijen tersebut.

Pihaknya langsung mengintruksikan petugas agar menutup jalur pendakian ke kawah Gunung Ijen. Itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Atas saran pihak vulkanologi Gunung Ijen, alchirnya kami tutup sementara. Ledakan terjadi sekitar pukul 14.00 tadi (kemarin),” kata Pujiadi.

Dia menambahkan, para wisatawan dan masyarakat umum yang akan menuju kawah Ijen endaknya mengurungkan niat sampai situasi benar-benar aman. Pendakian ditutup sejak adanya ledakan kemarin, baik pendakian malam maupun pmdaldan siang.

“Kami juga telah mengintruksikan para agen travel agar tidak memaksakan diri membawa tamu ke puncak,” tegasnya. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen, Bambang Heri Purnamo, menjelaskan bahwa ledakan yang terjadi di dasar Gunung Ijen itu disebabkan peningkatan kegempaan sejak seminggu lalu.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2