Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Gunung Raung Aktif Normal

gunungSONGGON – Ada kabar menggembirakan bagi warga Banyuwangi yang tinggal di daerah lereng Gunung Raung. Status gunung yang memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut (dpl) tersebut kini turun dari waspada level II menjadi aktif normal. Status normal tersebut ditetapkan pada pukul 17.00 tanggal 5 September lalu. Status normal tersebut masih berlangsung hingga kemarin.

Pasalnya, tidak ada aktivitas vulkanik maupun gempa tremor yang tercatat dalam alat pencatat gempa (seismograf). Selain itu, asap yang kerap kali membumbung tinggi di puncak gunung terbesar di Pulau Jawa tersebut sudah tidak terpantau. Apalagi, suara gemuruh juga tidak pernah terdengar warga sekitar. Sebelumnya, status Gunung Raung meningkat dari normal (level I) menjadi waspada (level II) pada tanggal 18 Oktober 2012 lalu.

Tidak berselang lama atau empat hari kemudian, status gunung yang menjadi pemisah Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso, itu kembali dinaikkan menjadi siaga (level III), yaitu mulai 22 Oktober 2012. Kepala Pos Pengamatan Gunung Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Balok Suryadi, yang diwakili Nur Rohman mengakui bahwa status gunung tersebut memang kembali normal aktif.

‘’Sudah normal lagi,” ungkapnya saat ditemui di markasnya kemarin. Dengan status normal itu, tidak ada larangan bagi warga untuk beraktivitas di daerah yang sebelumnya menjadi zona merah. Para pendaki gunung juga diperbolehkan melakukan aktivitas pendakian. “Kalau normal, ya aktivitas seperti biasa,” terang petugas asal Jogjakarta itu. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE