Guyub Sembelih Hewan Kurban

0
484
MISI KEMANUSIAAN: Keluarga besar Stikes memotong hewan kurban di kampus baru Stikes kemarin.
MISI KEMANUSIAAN: Keluarga besar Stikes memotong hewan kurban di kampus baru Stikes kemarin.

BANYUWANGI – Suasana kebersamaan dalam memperingati hari raya kurban atau Idul Adha di Kampus Stikes (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Banyuwangi sangat guyub. Selain dihadiri Ketua Stikes, civitas akademik lainnya juga terlihat.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ada ketua jurusan, dosen, mahasiswa, dan aktivis BEM Stikes juga terlihat dalam acara penyembelihan hewan kurban, kemarin (26/10). Acara yang rutin digelar setiap tahun itu mengindikasikan jika Stikes adalah salah satu kampus yang memahami arti pentingnya berkurban.

Ketua Stikes, H. Soekardjo, S.Kep., mengatakan kurban merupakan pemberian sebagian kecil dari harta yang dimiliki kepada fakir miskin, dalam bentuk protein, yaitu daging hewan kurban. Secara fisik, kurban adalah penyembelihan binatang ternak seperti sapi, kerbau, unta, domba, dan kambing. Tapi, di balik ritual fisik itu, kurban memiliki makna yang tersirat.

Loading...

Salah satunya, kata dia, adalah kepatuhan seorang muslim untuk penyerahan diri kepada Allah SWT secara total. “Makna kedua, makna simbolik dari penyembelihan binatang itu adalah penyembelihan sifatsifat kebinatangan manusia,” kata mantan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia cabang Banyuwangi itu.

Berkaitan dengan makna ini, kata dia, Stikes berupaya untuk mengimplementasikannya pada kesadaran kepada semua civitas akademik Stikes. Hasilnya, pada tahun ini ada dua ekor sapi dan 7 ekor kambingyang semuanya merupakan hasil swadaya. “Jumlah hewan kurban ini merupakan hasil partisipasi para mahasiswa dan dosen dibantu Stikes.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2