Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Harga Aneka Bumbu Dapur Stabil

BANYUWANGI – Tren kenaikan harga cabai rawit tidak diikuti harga beberapa macam bumbu dapur. Bahkan, harga aneka macam bumbu di Banyuwangi mengalami penurunan harga.

Pantauan wartawan koran ini di Pasar Banyuwangi kemarin (11/3), harga bawang putih berada di kisaran Rp 7.000 per kilogram. Harga tersebut turun Rp 1.000 jika dibandingkan dengan harga sebelumnya. Yakni Rp 8.000 per kilogram.Begitu pula dengan harga tomat. Komoditas yang satu ini dibanderol Rp 4.000 per kilogram. “Sebelumnya Rp 6.000 per kilogramnya,” ujar Soni, salah satu pedagang di Pasar Banyuwangi.

Penurunan harga paling banyak dialami oleh ranti. Bahan sambal tersebut per kilogramnya dihargai Rp 8.000. Harga tersebut menurun cukup dratis. Sebelumnya, harga ranti mencapai Rp 12 ribu per kilogram. “Lumayan banyak turunnya,” imbuh Soni.

Namun, tidak semua harga bumbu dapur mengalami penurunan. Buktinya, bawang merah mengikuti tren kenaikan harga. Yakni tembus di kisaran Rp 12.500 per kilogram. Padahal, harga komoditas tersebut sebelumnya adalah Rp 9.000 ribu per kilogramnya.

“Meskipun naik, tetapi masih tinggi kenaikan harga cabai,” ujar pria yang mangkal di luar pasar Banyuwangi itu. Sementara itu, berdasarkan pengamatan di Pasar Banyuwangi kemarin, harga cabai rawit masih melambung tinggi. Yakni tembus di kisaran Rp 26 ribu per kilogram. Padahal, harga sebelumnya hanya Rp 18 ribu. “Masih belum turun harga cabai, masih saja mahal,” cetusnya.

Sedangkan untuk cabai merah juga mengalami hal serupa. Yakni berada di angka Rp 20 ribu per kilogram. Komoditas itu sebelumnya hanya dibanderol Rp 16 ribu per kilogram. “Cabai ini yang harganya naik, yang lain masih stabil,”
pungkas Soni. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE