Harga Sapi Kurban Naik, Kambing Turun

0
914

BANYUWANGI – Sepuluh hari menjelang Hari  Raya Idul Adha, pedagang hewan kurban mulai marak bermunculan di sejumlah lokasi. Maraknya pedagang dadakan tersebut merupakan tradisi  tahunan demi meraup untung lebih.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hewan kurban yang ditawarkan biasanya sapi, kambing, dan domba. Namun, pantauan Jawa  Pos Radar Banyuwangi di beberapa wilayah, seperti di Jalan Kepiting, Jalan Brawijaya, Jalan  Basuki Rahmat hingga Lingkungan Sukowidi, belum tampak sapi kurban yang dipajang.

Salah satu pedagang hewan kurban, Rohman, mengatakan faktor harga dan ketersediaan pakan yang membuat pedagang enggan menjajakan sapi. Harga hewan kurban sapi mulai beberapa minggu sudah naik sekitar 23 hingga 25 persen  per ekor.

Harga sapi lokal yang semula Rp 13 hingga Rp 14 juta kini naik menjadi Rp 16,5 juta.  Senada dengan Rohman, Ripa’i, penjual hewan kurban lain, menjelaskan pedagang belum menurunkan sapi karena pertimbangan untung rugi.

“Belum ada pembeli yang minat dengan sapi. Apalagi, harga mahal begini. Kalau dibawabawa ke sini sebelum ada pembeli, kita rugi,” ujar  pria asal Boyolangu itu. Pedagang juga mengaku kesulitan mencari pakan  ternak saat musim kemarau yang menyebabkan daun dan rumput kering.

Sementara itu, di saat  harga sapi tinggi, harga kambing dan domba justru turun 20 hingga 30 persen. Harga kambing usia 2,5 tahun yang tahun lalu berkisar Rp 6 juta kini turun menjadi Rp 4 juta.  Demikian dengan harga kambing yang dulu Rp  3 juta turun jadi Rp 2 juta per ekor.

Dua ekor domba yang dulu dihargai Rp 6 juta kini turun  jadi Rp 4 juta. Meski demikian, rata-rata penjual hewan kurban yang datang dari berbagai wilayah itu tidak menyediakan stok kambing dalam jumlah banyak. “Kalau dibanding tahun lalu sangat jauh  jumlahnya.

Tahun lalu saya bisa bawa 100 ekor kambing. Tahun ini hanya 50 ekor,” ucap Rohman.  Berbeda dengan tahun lalu, penjualan hewan kurban H-10 Idul Adha ini terbilang sepi. Periode yang sama tahun lalu, kambing yang terjual mencapai 16 ekor.

Saat ini baru tujuh ekor kambing yang terjual.  Pedagang lain mengaku baru bisa menjual empat ekor, padahal tahun sebelumnya bisa mencapai 12 ekor. Namun, mereka yakin  pembeli akan menyerbu pada H-5 hingga H-1 Idul Adha. (radar)

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Kata kunci yang digunakan :