Harga Wortel Naik Dua Kali Lipat

0
608

hargaBANYUWANGI – Harga sayur-mayur kembali naik di Banyuwangi. Yang mengalami kenaikanter tinggi adalah wortel. Tidak tanggung-tanggung, harga sayur berwarna oranye itu naik dua kali lipat dibandingkan harga pekan lalu. Harga wortel lokal pekan sebelumnya masih sekitar Rp 6.000 kilogram (Kg). Saat ini harga wortel sudah menembus angka Rp 14000 per Kg.

Para pedagang di Pasar Banyuwangi mengakui, tren kenaikan harga sayur itu sebenarnya sudah terjadi sejak Desember 2013 lalu. Kondisi itu dipicu tersendatnya distribusi barang dari daerah penghasil ke Pasar Banyuwangi. “Lambatnya pengiriman barang dari pemasok yang dari daerah penghasil,” ujar Fitriah, 30, seorang pedagang sayur di Pasar Banyuwangi.

Fitriah mengakui, pengiriman sayur tersendat di sebabkan faktor cuaca. Banyak jalan yang macet akibat banjir. Seperti yang terjadi di Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) Situbondo se pekan terakhir. Akibatnya, pasokan sayur ke Banyuwangi tersendat. Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas cabai rawit. Pekan lalu harga cabai rawit Rp 30.000 per Kg. Kini harga komoditas berasa pedas itu naik menjadi Rp 35.000 per Kg. (radar)