Hujan Deras, Belasan Rumah di Lingkungan Sukowidi Terendam Luapan Air Sungai

0
1312

BANYUWANGI – Hujan deras yang melanda Kota Banyuwangi dan sekitarnya mengakibatkan belasan rumah warga di Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, terendam luapan air sungai, Jumat (4/1/2019) siang. Luapan air berasal dari sungai musiman yang berada di tengah pemukiman warga.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Luapan air langsung masuk ke rumah warga yang ada di RT 3 RW 3 Lingkungan Sukowidi. Debit air yang sangat tinggi membuat air meluap dengan cepat. Apalagi ada sebatang kayu yang menyumbat saluran sungai tersebut. Sehingga sejumlah rumah warga tergenang luapan air.

“Tinggi air tadi mencapai 1,5 meter,” kata Mujiyanto, (45), warga setempat.

Mujiyanto mengungkapkan, sungai musiman yang meluap itu merupakan buangan air dari sungai di wilayah Kalipuro. Kejadian ini merupakan genangan yang paling parah yang pernah terjadi. Sebelumnya pernah terjadi genangan namun tidak separah ini. Dia menduga pintu air yang ada di wilayah Kalipuro dibuka penuh.

Luapan air juga membawa material lumpur. Sehingga rumah warga yang terdampak luapan air sungai juga dipenuhi lumpur. Begitu hujan reda, warga langsung membersihkan rumahnya dari lumpur dan sampah yang terbawa luapan air.

Sementara itu, Ketua RT 3 RW 3 Lingkungan Sukowidi, Supopo (61) mengatakan, hujan lebat berlangsung selama satu jam. Bersamaan dengan itu air mulai meluap. Ada sekitar 11 rumah warga yang cukup tinggi genangan airnya. Sementara yang lain hanya terdampak sedikit saja.

“Yang di Gang Merpati air setinggi ini,” katanya sambil menunjuk bagian perutnya.

Loading...

[AWPCPRANDOMLISTINGS limit=1]