Hujan deras, Desa Sumberagung Kelelep

0
944


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tinggi Genangan 1,2 m

PESANGGARAN – Hujan deras yang mengguyur kawasan Banyuwangi Selatan mengakibatkan banjir parah tadi malam. Salah satu lokasi kelelep (tenggelam) paling parahnya adalah Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Banjir terparah menimpa dua dusun di  Desa Sumberagung, yaitu Dusun Rejoagung dan Dusun Silirbaru.

Genangan air yang tinggi juga terjadi di Dusun Ringinagung, Desa/Kecamatan Pesanggaran. Informasi yang diperoleh wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi tadi malam, Parahnya lagi, hingga tadi malam, volume air mencapai  1,25 meter.

Debit air yang tinggi itu pun memasuki permukiman warga di tiga dusun tersebut. Akses jalan menuju kawasan wisata Pulau Merah pun terputus. Kronologinya, hujan berlangsung sejak pukul 16.00 sore kemarin (11/2). Hujan yang terus mengguyur itu ternyata menimbulkan petaka bagi warga setempat.

Jalur poros mulai kawasan kantor Camat Pesanggaran pun tergenang. Bahkan, genangan  air yang parah itu hingga mencapai radius sekitar 2 Kilometer (Km). ‘’Tinggi air di atas pusar orang dewasa, sekitar 1,25 meter,’’ ungkap Sutarto, warga Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, tadi malam.

Sutarto mengaku rumahnya ikut tergenang. Pria berkumis itu menceritakan bahwa musibah banjir yang melanda kawasan tersebut tergolong yang paling parah dalam waktu setahun terkahir ini. Kalau dikalkulasi, ada ratusan rumah warga yang tergenang air.

‘’Sampai sekarang masih belum surut. Mungkin saja bisa sampai seribu unit rumah yang terendam,’’ jelasnya. Sutarto menambahkan, ruas jalur tersebut  praktis tidak bisa dilewati kendaraan. Semua  warga, kata dia, juga tengah siaga menghadapi  banjir susulan.

‘’Orang-orang semua berada di  luar rumah. Karena air sudah masuk ke dalam rumah,’’ bebernya. Kata Sutarto, hujan memang mengguyur deras sejak sore hari. Tidak disangka, hujan yang terus menerus itu membuat permukiman warga di tiga dusun tergenang. ‘’Sampai sekarang (pukul 20.30 tadi malam) masih gerimis,’’ pungkasnya.(radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :