Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Hujan Sebentar Langsung Banjir

hujansebentarROGOJAMPI – Hujan sebentar saja langsung banjir. Begitulah kondisi jalur utama di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Setiap hujan mengguyur deras, jalan raya jurusan Banyuwangi- Jember itu selalu tergenang. Ironisnya, banjir hingga ketinggian separo roda sepeda motor itu sudah kerap terjadi sejak beberapa tahun lalu Tetapi, hingga kemarin belum ada perbaikan sama sekali.

“Banjir seperti ini sudah langganan sejak beberapa tahun lalu,” terang Suyamto, pegawai SPBU yang rumahnya tidak jauh dari lokasi. Banjir di jalan raya di Desa Mangir pada Senin (20/5) malam itu terjadi sejak pukul 19.00. Sebelumnya itu, sejak pukul 18.00 di daerah tersebut turun hujan sangat deras. “Usai Magrib hujan deras. Isak sudah banjir seperti itu,” ungkapnya sambil menunjukair yang meluap ke jalan.

Sepertinya banjir tersebut disebabkan saluran irigasi tidak bisa menampung debit air. Air besar ini, di antaranya kiriman dari Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi. Saluran di sebelah utara SPBU juga tidak mampu menampung debit air hingga akhirnya air meluber ke jalan. “Di sekitar jalan ada saluran irigasi, tapi tidak mampu menampung air hujan yang besar,” jelasnya. Genangan air di jalan sepanjang 150 meter itu sangat mengganggu arus lalu lintas.

Sejumlah kendaraan roda dua dan empat banyak yang mogok karena mesin kemasukan air. “Turun hujan sebentar saja, di daerah ini pasti banjir,” sebut Suyamto. Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi di lokasi banjir, hingga pukul 22.00 jalan tersebut masih digenangi air cukup tinggi. Hanya dalam waktu kurang dari 30 menit, ada dua mobil yang mogok. Selain itu, tampak puluhan motor yang mogok karena mesin kemasukan air.

“Ini banjirnya tinggi sekali,” cetus salah satu perempuan pengendara motor. Demi menghindari banjir di jalan raya tersebut, ada pengendara motor yang nekat melintas di sebelah saluran irigasi di timur jalan. Tetapi sial, mereka malah terperosok galian kabel yang belum diuruk. “Awas ada galian kabel,” kata salah satu pengendara motor mengingatkan temannya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE