Ikan Lemuru Jaga Gairah Nelayan Muncar

0
140

anginlesusMUNCAR – Kegiatan nelayan di Muncar masih terus bergairah. Meski beberapa jenis ikan sudah melewati masa panen, namun kondisi ini tidak membuat aktivitas melaut menjadi terhenti. Setidaknya beberapa komoditas ikan masih menjadi tumpuan bagi nelayan di sana. Di antara ikan yang masih bisa didapat adalah lemuru, cumi-cumi, hingga tuna. Jenis biota laut ini menjadi penopang kegiatan perekonomian bagi nelayan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun setidaknya keberadaan tangkapan ikan cukup menjaga perekonomian nelayan di Muncar. Wiwik salah satu pedagang ikan di Muncar menuturkan, saat ini memang tangkapan nelayan memang agak berkurang. Meski masih bisa diperoleh, jumlahnya tidak sebanyak periode sebelumnya. “Ikannya ada tapi adanya sedikit,” tuturnya.

Meski sedikit, Wiwik dan pedagang ikan lainnya masih bisa bernapas lega. Pasalnya, pasokan ikan masih bisa diperoleh sejauh ini. Dia berharap meski nanti sepi ikan, diharapkan tidak sampai mengganggu pekerjaan sebagai penjual ikan. Di sisi lain, berkurangnya tangkapan ini belum banyak berpengaruh terhadap harga. Untuk lemuru misalnya per  kg masih diperdagangkan di kisaran Rp 7.000 hingga Rp 8.000. Untuk cumi-cumi masih diperdagangkan di kisaran Rp 10.000 hingga 11.000 per kg. (radar)

Loading...

Baca Juga :