Ikan Petarung Eksotik

0
757

ikanSITUBONDO – Di kalangan peng gemar, ikan cupang secara umum hanya terbagi atas dua golongan, yaitu cupang hias dan cupang aduan. Cupang Hias adalah ikan cupang yang dipelihara atau di ternak untuk dinikmati keindahan tubuhnya. Ikan cupang aduan adalah ikan cupang yang dipelihara untuk diadu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Di Kabupaten Situbondo, jenis terakhir lebih mendominasi. Peminatnya kebanyakan kalangan anak-anak dan remaja. “Padahal, di kota-kota besar, peminat cupang juga bisa dari kalangan orang tua, baik dari kalangan ekonomi bawah, menengah, maupun atas. Kalaupun di Situbondo ada, sangat sedikit,” terang Chandra, sa lah seorang penggemar ikan cupang di Situbondo. Menurut remaja yang baru tamat SMA tersebut, dirinya mencintai ikan cupang sejak SD. Maklum, rumahnya dekat dengan penjual ikan.

Loading...

Waktu itu, sebenarnya mau beli ikan yang harganya murah, ka rena tak punya uang. Lama-lama saya suka bentuk dan keindahan warnanya,” kata pria yang berdomisili di Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Situbondo, itu. Sejak itu, Chandra terus dekat dengan ikan cupang. Kemudian, dia bermain dengan se jumlah teman yang juga menggandrungi ikan cupang. Mereka pun sering mengadu cupang untuk menghabiskan waktu luang sepulang sekolah atau saat libur. “Asyik kalau mengadu cupang. Kadang sampai tidak tahu waktu. Sampai di marahi orang tua waktu itu,” kenangnya.

Ramli, penggemar ikan cupang lain mengungkapkan, hobi mengadu ikan cupang se benarnya tak ubahnya orang yang gemar mengadu ayam. “Namun, kita tidak pernah taruhan. Hanya sebatas kebanggaan saja kalau punya ikan cupang yang menjadi juara,” ujarnya. Yang mengasyikkan, kata dia, jika pertarungan ikan cupang itu ditonton ramai-ramai. Itu akan semakin membuat penonton penasaran. Kepuasan akan didapat jika ikan cupang jagoannya memenangkan pertarungan.

Jalannya pertarungan, gaya bertarung, dan cara merawat cupang aduan atau pun melatih, akan menjadi topik menarik,” terangnya. Dia mengungkapkan, ikan cupang aduan memang sangat agresif. Sehingga, jika dua ekor ikan cupang jantan dimasukkan ke satu wadah, maka dua ikan itu akan bertarung sampai salah satunya kalah, bahkan mati. “Saya baca di literatur. Ikan cupang bertarung karena sama-sama mempertahankan wilayah,” terangnya. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2