Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Incumbent Kalah, Tetap Sportif

SINGOJURUH – Pemilihan kepala desa (pilkades) di Banyuwangi yang digelar secara masal 4 dan 5 September tidak semua berakhir kisruh. Mayoritas kandidat yang kalah justru legawa dengan hasil pilkades. Salah satunya ditunjukkan Janoko, cakades incumbent, yang dinyatakan kalah dalam pilkades di Desa/Kecamatan Singojuruh 5 September lalu. Meski kalah dengan rivalnya, yaitu Sahuni, tapi dia tetap menunjukkan sikap sportif.

Sikap gentle tersebut dia tunjukkan saat mengikuti syukuran pasca pilkades yang dimeriahkan tontonan seni pertunjukan janger Sabtu malam lalu di desa setempat  Dalam acara itu, dia berjabat tangan dengan Sahuni, pesaingnya yang dinyatakan menang. Tanpa dikomando, ratusan warga bertepuk tangan saat melihat kedua cakades tersebut berpelukan. Forpimka Si ngojuruh yang hadir juga tampak senang melihat kedua calon tersebut berpelukan.

Sikap yang ditunjukkan Janoko tidak menunjukkan bahwa dia kalah. Dia yang waktu itu me ngenakan jas warna merah te tap mengumbar senyum di hadapan masyarakat yang mema dati acara tersebut. Dalam sambutannya, Janoko me ngaku menerima hasil pilkades tersebut. Sebab, suara da lam pilkades merupakan ama nat rakyat. ‘’Saya menerimadengan baik tentang hasil pilkades ini,” ungkapnya yang  son tak mendapatkan aplaus dari masyarakat.

Sejak awal dirinya sudah menyatakan siap kalah. Oleh karena itu, sudah seharusnya hal tersebut ditaati. ‘’Jika selama ini pelayanan saya dan staf ada yang kurang, saya menyampaikan permohonan maaf setulus-tulusnya. Semoga Pak Sahuni bisa melanjutkan dengan lebih baik,” tuturnya. Dia menginstruksikan pendukungnya agar menerima hasil pilkades tersebut. Sebab, hal itu sudah menjadi kewajiban bersama demi mewujudkan desa yang kondusif.

‘’Alhamdulillah, pilkades berjalan damai,” tandasnya. Wakil Ketua BPD setempat, Buwari, mengaku salut dengan apa yang ditunjukkan para kan didat. Menurut dia, sikap ter sebut layak dijadikan contoh desa lain. ‘’Hal ini yang menjadi harapan kita bersama,’’ tuturnya. Camat Singojuruh, Nanik Machrufi, yang hadir dalam acara itu mengungkapkan bahwa semua pilkades di wilayah Singojuruh berjalan lancar dan kondusif. Ikrar damai para cakades yang digelar jelang pilkades terbukti berhasil. ‘’Ini kebahagiaan kita bersama,’’ tandasnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE