Inspektur Upacara Naik Vespa Tua

  • Bagikan
LANGKA: Kades Sumberberas, Sri Purnanik, menjadi inspektur upacara dengan mimbar motor vespa.

Dalam Peringatan Sumpah Pemuda di Sumberberas

MUNCAR – Seakan tak mau ketinggalan dengan kelompok lain, para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Cipta Wira Mukti, Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, juga turut ambil bagian melaksanakan upacara Sumpah Pemuda, kemarin pagi.

Selama proses upacara tersebut, puluhan peserta yang kebanyakan adalah anak-anak, pemuda dan pemudi berpakaian bebas. Mereka juga mengenakan alasa kaki sandal dan sepatu. Yang menarik, inspektur upacara yang langsung dikomandani oleh Kepala Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, Sri Purnanik, naik mimbar berupa motor vespa milik peserta.

Ketua Karang Taruna Cipta Wira Mukti, Aris Umar, 31, mengatakan jika acara ini baru pertama kali dilaksanakan di desanya. Dia berharap agar semua pemuda yang tergabung dalam karang taruna bisa lebih menghargai jasa pahlawan serta memupuk rasa nasionalisme kepada NKRI, “ Kita berharap kedepan bisa menyelenggarakan upacara sumpah pemuda yang lebih besar lagi,” ucapnya.

Selain menggelar upacara Sumpah Pemuda, malam harinya mereka akan mengadakan saresehan yang bertempat di aula balai desa dengan mengambil tema eksistensi pemuda, “ Kita undang pemuda se-Kecamatan Muncar, untuk menghadiri acara ini,”tuturnya.

Sementara itu, Kades Sri Purnanik dalam sambutanya lebih banyak mengingatkan kepada para pemuda agar lebih berhati-hati dan tidak terjerumus ke hal-hal negatif Menurutnya, anak muda memang memerlukan identitas yang jelas dan tegas serta berbeda-beda, seperti saat Kongres Pemuda Kedua tahun 1928 yang pesertanya datang dari bermacam perkumpulan. Inspektur Upacara Naik Vespa Tua “Tetapi ke-bhineka-an itu tetap harus dalam kerangka keindonesiaan, Bhinneka Tunggal Ika,’’ tandasnya. (radar)

Baca :
Detik-Detik Tanah Longsor di Banyuwangi Tewaskan Satu Warga
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: