IPNU-IPPNU Tanam Pohon

0
447
PEDULI: Mohammad Sanusi serahkan bibit pohon kepada Pengasuh PP Darussalam Timur, Gus Munif Syafaat.
PEDULI: Mohammad Sanusi serahkan bibit pohon kepadaPengasuh PP Darussalam Timur, Gus Munif Syafaat.
PEDULI: Mohammad Sanusi serahkan bibit pohon kepada Pengasuh PP Darussalam Timur, Gus Munif Syafaat.

TEGALSARI – Sejumlah anggota Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) melakukan penanaman pohon di sekitar area pesantren Darussalam Blokagung. Kecamatan Tegalsari, pagi kemarin. Kegiatan itu merupakan bagian dari acara latihan kader muda (lakmud) yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Banyuwangi. Acara yang dipusatkan di area Pesantren Darussalam Timur itu berlangsung sejak Jumat siang dan hingga Ahad sore.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Penanaman pohon tersebut merupakan bentuk simbolik kerjasama antara pesantren dengan masyarakat sekitar berupa pemberian bibit tanaman. Dalam penanaman itu pesantren menyediakan sekitar 50 ribu bibit pohon sengon dan 5.000 bibit pohon gambirana serta 2.000 pohon buah-buahan. Pengasuh PP Darussalam Timur, KH.Munib Syafaat atau yang akrab disapa Gus Munib menuturkan, penanaman ini merupakan kerjasama pesantren dengan PC IPNU-IPPNU Banyuwangi. Tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat terhadap pelestarian lingkungan.

Loading...

Selain itu, pihaknya juga sangat senang bisa menjadi tuan rumah kegiatan IPNU-IPPNU karena para pelajar NU ini dinilai juga sangat berperan dalam sosialisasi penanaman pohon. Ketua PC IPNU Kabupaten Banyuwangi, Mohammad Sanusi menuturkan, IPNU sangat mendukung kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian IPNU terhadap lingkungan dan merupakan bukti kongkret bahwa IPNU juga berperan di tengah-tengah masyarakat. “Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi teladan bagi pelajar se Banyuwangi,” harapnya.

Panitia kegiatan, Yahya Muzakki menyampaikan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan di Ponpes Darussalam selain memang agenda organisasi juga dimaksudkan sebagai kegiatan jelang Konfercab NU 12 Januari mendatang. Selain melakukan aksi penanaman pohon, mereka juga menerima materi pengkaderan dan materi keorganisasian yang disampaikan oleh para narasumber dari kalangan profesional dan akademisi. “Kegiatan lakmud kali ini diikuti delegasi dari PAC IPNU-IPPNU Se-Banyuwangi Selatan dan juga ada peserta dari Bondowoso,” sebutnya. Kegiatan Lakmud itu ditutup dengan dialog Aswaja yang dilaksanakan di gedung STAI Darussalam Blokagung, Kecamatan Tegalsari. (radar)