Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia
Sosial  

Jadi Tuan Rumah Pekan Seni Pelajar Se-Jatim

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

BANYUWANGI – Even-even besar tingkat Jawa Timur bakal dihelat di Banyuwangi. Ada MTQ, Porprov, dan Pekan Seni Pelajar (PSP) tingkat Jatim. Gawe besar PSP bakal digelar 31 Mei sampai 3 Juni 2015 mendatang. Even tersebut melombakan sembilan cabang kesenian dengan peserta para pelajar dari tingkat SD sampai SMA.

Segala persiapan telah dilakukan pihak panitia untuk menggelar PSP agar berjalan baik.  Ketua I Pekan Seni Pelajar, Drs. Hamami, Msi mengatakan, persiapan menyongsongPSP sudah mencapai 75 persen. Panitia pelaksana PSP juga sudah terbentuk.

”Panitia pelaksana harian dari Dinas Pendidikan Banyuwangi juga sudah jalan. Persiapan sudah matang,” kata Hamami. Sembilan cabang kesenian yang dilombakan adalah cabang patung untuk pelajar SD, desain tekstil untuk pelajar tingkat SMA/ SMK, samroh untuk pelajar SD, SMP, SMA/ SMK, dan tari untuk pelajar SMP dan SMA/ SMK.

Ada juga lomba baca puisi, musikalisasi puisi, teater, dan tetembangan. ”Seluruh kontingen dari 38 kota/ kabupaten se-Jatim sudah mendaftar. Mereka sudah siap mengikuti PSP di Banyuwangi,” beber Hamami. Dia menambahkan, pada pembukaan PSP tanggal 31 Mei 2015 nanti akan diselenggarakan pawai budaya.

Pawai itu start dari kantor Pemkab Banyuwangi dan finis di Taman Blambangan. Pawai budaya tersebut menampilkan tarian kolosal yang disajikan 350 pelajar. Selain itu, ada sajian musik tradisional yang dilakukan 250 pelajar. Personel penyaji musik tradisional itu berasal dari seluruh kontingen PSP se-Jatim.

”Pembukaan PSP dalam pawai budaya besok akan dibuka langsung Gubernur Jatim, Soekarwo,” ujarnya.
Panitia telah menyiapkan beberapa venue setiap cabang PSP, antara lain Pendapa Sabha Swagata, Taman Sri Tanjung, SMKN 1 Banyuwangi, Pantai Boom, Gedung Wanita Paramitha Kencana, Gesibu Blambangan, dan SMKN 1 Glagah.

”Pendapa kabupaten dijadikan lokasi lomba samroh. Lomba lukis di Taman Sri Tanjung, puisi di SMKN 1 Banyuwangi, seni mematung di Pantai Boom, tari di Gedung Wanita, dan tetembangan di SMKN 1 Glagah,” terang Hamami. Pihaknya berharap kontingen Banyuwangi bisa meningkatkan peringkat PSP. Targetnya bisa berada di posisi empat terbaik. ”Kalau bisa juara umum harus kita raih,” pungkas Hamami.(radar)