Jadwal KA Akan Berubah

0
612


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GLENMORE-Jalur lintasan kereta api (KA) di seluruh wilayah Daop 9 Jember,  termasuk jalur di sepanjang rel yang ada di wilayah Kecamatan Kalibaru  hingga Stasiun Banyuwangi Baru, Ketapang, Kecamatan Kalipuro, menjalani pemeriksaan kemarin (16/3).

Manajer Humas KAI Daops 9  Jember, Luqman Arif, mengatakan pemeriksaan rel KA itu dilakukan  selama dua hari, yakni mulai Rabu (15/3) dan berakhir Kamis (16/3).  Dan kegiatan itu, dipimpin langsung oleh Vice President (VP) Daop  9 Jember, Aslikan dengan menggunakan lori dresin.

Loading...

“Inspeksi dilakukan dua hari, hari Rabu lintasan Bangil sampai Jember, sedang  Kamis lintasan Jember- Banyuwangi,” katanya. Pemeriksaan ini, terang dia, untuk  mengecek kondisi prasarana di jalur  KA, sinyal, wesel, serta pemantapan  sumber daya manusia (SDM), khususnya para Pemimpin Perjalanan  Kereta Api (PPKA) dan Petugas Jalan  Lintas (PJL) terkait pemahaman   aturan perkeretaapian.

“Ini pemeriksaan periodik untuk semua kelengkapan kereta api,” jelasnya. Selain dilakukan secara periodik, pemeriksaan yang dilakukan itu juga untuk menyiapkan pemberlakuan grafik perjalanan kereta api  (Gapeka) 2017 yang baru. Itu di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna jasa KA dengan  tetap memperhatikan keselamatan,  keamanan, dan kenyamanan penumpang.

“Perubahan grafik akan  dimulai 1 April 2017,” terangnya.  Dengan adanya Gapeka baru ini, dia berharap masyarakat pengguna  jasa KA bisa mengerti, memahami,   dan menyesuaikan jadwal. Melalui Gapeka ini, ada yang mengalami perubahan, salah satunya keberangkatan KA Logawa relasi Jember- Purwokerto.

Bila semula KA ini  berangkat pukul 06.10 WIB, selanjutnya dipercepat menjadi pukul 06.00 WIB. Berkurangnya waktu  tempuh itu karena meningkatnya  puncak kecepatan perjalanan KA di daerah tertentu. “Rata-rata waktu tempuh lebih cepat 10 menit dibandingkan Gapeka lama,” jelasnya.

Sementara itu, hingga petang  kemarin, tim dari Daops 9 Jember  yang melakukan pemeriksaan   tidak mendapati temuan yang menonjol. Baik itu dari rel maupun  prasarana lainnya, seperti wesel  dan kelengkapan di stasiun. Hasil Inspeksi ini nanti akan dievaluasi  dan segera ditindak lanjuti jika  ada kekurangan.

“Menjelang angkutan Lebaran 2017, semuanya sudah siap dan baik, sehingga  perjalanan kereta api aman, lancar, dan terkendali,” jelasnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :