Janggel Jagung Diminati Luar Negeri

0
243
Janggel Jagung

GAMBIRAN – Janggel atau tongkol jagung selama ini oleh warga hanya dimanfaatkan untuk tambahan bahan bakar alternatif, seperti dilakukan para pembuat tahu. Karena api yang dihasilkan memang cukup baik.

Loading...

Salah satu perajin tahu, Untung, 41, asal Dusun Stembel, Desa/Kecamatan Gambiran ini mengaku menggunakan janggel jagung untuk tambahan bahan bakar saat memasak. Dia mendapatkan janggel itu dengan membeli Rp 8.000 per karung. “Saya beli dari warga ,” katanya seraya menyebut kalau satu karung janggel itu bisa dibuat untuk tiga kali proses.

Untung menyebut keberadaan janggel jagung itu mulai diminati para produsen di luar negeri. Mereka memburu janggel untuk dijadikan bahan pakan ternak. “Saya mendapat pesanan mencarikan janggel jagung dalam jumlah besar,” cetus Sanjaya, 36, warga Desa Wringrejo, Kecamatan Gambiran.

Harga janggel jagung itu, terang dia, harganya bervariasi. Saat ini harga janggel jagung itu Rp 8.000 per karung. Tapi, dia membeli mulai dari harga Rp 5.000 hingga Rp 10 ribu per karung.

“Kalau siap dalam kurun waktu tertentu, harganya bisa lebih mahal. Janggel ini akan kita kirim ke Korea Selatan,” ucapnya.

Sanjaya mengaku kalau saat ini sedang menunggu mesin pengepres. Dan pihaknya, sudah menyiapkan gudang. “Ada investor yang mau membeli dalam jumlah besar, kita nanti akan mengepres lalu di kirim ke Surabaya,” ungkapnya. (radar)

Loading...