Jatim 31 Persen, Banyuwangi 71 Persen

0
411


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SMP dan MTs Pelaksana UNBK 2017

BANYUWANGI – Dunia pendidikan di Banyuwangi lebih siap menyongsong pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis  Komputer (UNBK) 2017 dibanding  rata-rata kabupaten dan kota se-Jatim. Setidaknya itu terbukti dari tingginya  persentase sekolah jenjang SMP/sederajat yang bakal menyelenggarakan UNBK tahun ini.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, Suratno, mengatakan di antara total 187 SMP dan MTs se-Bumi Blambangan, sekolah yang siap menyelenggarakan UNBK tahun ini mencapai 134 sekolah. Jika dikalkulasi, persentase SMP dan MTs pelaksana UNBK di Banyuwangi  mencapai 71,66 persen.

Di sisi lain, berdasar data yang dilansir di situs resmi UNBK, yakni di jumlah  SMP dan MTs pelaksana UNBK di Jatim “hanya” sebanyak 31,78 persen. “Banyuwangi melampaui target Jatim. Target SMP dan MTS pelaksana UNBK di Jatim 50 persen. Sedangkan di Banyuwangi, SMP dan MTs penyelenggara UNBK 2017 mencapai 70 persen lebih,” ujarnya kemarin (2/3).

Menurut Suratno, di antara seluruh SMP dan MTs yang penyelenggara tahun ini, sebanyak 30-an sekolah akan menggelar UNBK secara mandiri. Selain itu, beberapa SMP swasta akan  menumpang di SMP lain, sedangkan sisanya akan menggelar UNBK di SMA  atau SMK.

“Yang menumpang di SMP lain rata-rata SMP swasta kecil,” kata dia.  Sementara itu, Suratno mengaku  pelaksanaan simulasi UNBK tahap dua yang digeber beberapa hari lalu  secara umum berjalan lancar. Dari  seluruh sekolah penyelenggara, hanya dua sekolah yang sempat mengalami  permasalahan koneksi ke server  pusat. Dua sekolah tersebut di antaranya SMP Walisongo, Sempu dan SMP Kosgoro, Sragi.

“Tetapi kami memiliki teknisi kabupaten. Kami  juga memantau lewat WhatsApp (WA)  grup. Alham dulillah, permasalahan  koneksi tersebut langsung bisa diatasi,”  cetusnya. Mengacu hasil simulasi tersebut, Suratno mengaku optimistis pelaksanaan UNBK SMP dan MTs di  Banyuwangi berjalan lancar. UNBK jenjang SMP dan MTs dijadwalkan  berlangsung pada 2 Mei, 3 Mei, 4 Mei,  dan 8 Mei.

“Insya Allah seluruh sekolah pelaksana UNBK tahun ini sudah siap,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :