Kaki Serasa Beku, Kepala Panas Berkeringat

0
737
BULIRAN PUTIH: Empasan titik-titik air menghunjam keras di bagian bawah air terjun Lider.
BULIRAN PUTIH: Empasan titik-titik air menghunjam keras di bagian bawah air terjun Lider.

Bumi Blambangan memiliki banyak air terjun. Salah satu yang tertinggi adalah air terjun Lider. Sayang, tak semua orang bisa menikmati pesona keindahan air tumpah berhawa dingin itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

-BAYU SAKSONO, Songgon-

SECARA administratif, saya belum tahu persis air terjun Lider itu masuk wilayah mana. Namun, melihat papan nama kampung terdekat, mungkin saja objek wisata alami itu masuk wilayah Desa Sumbe-rarum, Kecamatan Songgon. Namun, berdasar hasil interview beberapa warga sekitar lokasi, ada yang menyebut air terjun itu masuk wilayah Kecamatan Sempu. Ah, biarlah itu tak perlu diperdebatkan.

Yang jelas, air terjun ini berada di tengah kawasan hutan lindung. Kawasan hutan tersebut masuk dalam pengawasan Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Perhutani Sidomulyo, BKPH Kali Setail, KPH Perhutani Banyuwangi Barat. asyarakat menyebut lokasi itu sebagai air terjun Lider, karena objek tersebut terletak di kawasan hutan lindung Petak 74, Blok Lider. Kawasan tersebut berada di le reng timur Gunung Raung.

Jika dihitung dengan peta, mungkin jaraknya sekitar 45 Ki lometer dari pusat kota Banyuwangi. Untuk menuju lokasi ini, ada beberapa jalur alternatif. Bila berangkat dari arah Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu, kita akan melewati hutan pinus, perkebunan kopi dan cengkih. Begitu sampai di pos terakhir, medan yang ditempuh pun lumayan sulit karena jalur yang dilewati terdapat be berapa tebing curam dan menyeberangi beberapa sungai.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last