Karyawan Perhutani Belajar Jurnalistik

0
213
KOMPAK: Artanto bersama karyawan Perhutani Banyuwangi Utara usai mengikuti pelatihan jurnalistik.

BANYUWANGI – Roadshow jurnalisitik Jawa Pos Radar Banyuwangi bergulir ke kantor Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Banyuwangi Utara. Kemarin, sebanyak 25 karyawan KPH Banyuwangi Utara digembleng ilmu jurnalistik dari tim Radar Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mereka mendapatkan materi teknik menulis berita, kiat jitu menghadapi wartawan, teknik menulis artikel, dan fotografi. Yang menarik, Administratur (Adm) Banyuwangi Utara, Ir. Artanto, mengikuti pelatihan sampai tuntas. Peserta pelatihan terdiri polisi hutan (Polhut), mandor, asisten perhutani (Asper), humas, hingga Wakil Administratur.

Meski dalam suasana puasa Ramadan, peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan. Bahkan, Adm Artanto begitu aktif bertanya seputar jurnalistik. Misalnya, pria yang pernah menjabat di Perhutani Blitar itu mengajukan pertanyaan perihal hak jawab. ”Bagaimana caranya ketika seseorang diberitakan negatif dalam media massa lalu ingin meluruskan pemberitaan?,” tanya Artanto.

Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh tim road- show jurnalistik. ”Bapak bisa mengajukan hak jawab kepada media/koran yang memberitakan tadi. Dengan hak jawab, bapak bisa meluruskan pemberitaan yang dianggap salah,” jelas Redaktur Pelaksana Jawa Pos Radar Banyuwangi, Syaifuddin Mahmud, pemateri dalam pelatihan jurnalistik. Artanto mengatakan, pelatihan seperti ini sangat penting bagi karyawan KPH Banyuwangi Utara.

Selain mengenal beberapa personel Radar Banyuwangi, pelatihan ini diharapkan bisa memberikan wawasan jurnalistik kepada stafnya di lapangan. ”Harapan kami, ilmu jurnalistik ini bisa dipraktikkan. Mulai sekarang, bapak-bapak bisa praktik menulis gaya jurnalistik. Siapa tahu bisa kirim tulisan artikel ke media massa. Minimal menulis artikel tentang potensi wisata di kawasan KPH Banyuwangi Utara,” ujar Artanto. (radar )

Loading...