Kaum Perempuan Berperan Aktif Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

0
302
TUAN RUMAH: Bupati Anas saat menghadiri pembukaan Rakor PKK se- Bakorwil III
Malang di Pendapa Shaba Swagata Blambangan, kemarin.

Tim Pembina Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) se- Badan Koordinasi Wilayah (Bakerwil)  III Malang mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo. PKK Bakorwil Malang dinilai sebagai PPK paling produktif dan berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerahnya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PERTUMBUHAN ekonomi beberapa kabu-paten di wilayah Bakorwil Malang, tumbuh cukup pesat. Pencapaian itu  tidak lepas dari peran serta para ibu-ibu yang tergabung dalam PKK,darma wanita persatuan(DWP), Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Persatuan Olahraga Wanita Se-luruh Indonesia(Porwasi) dan Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial(K3).

Hal itu diungkapkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam pembukaan rapat koordinasi (rakor) para ketua PKK, DWP, GOW, Perwosi dan K3S se-Bakorwil III Malang kemarin (12/9). Acara yang berlangsung di Pendapa Sabha Swagata Blambangan dihad-iri para ketua organisasi wanita se-Bakorwil III Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondo-woso, Lumajang, Kota Probolinggo, Kabu-paten Probolinggo, Kota Malang, Kabupaten
Malang,  dan Kota Batu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Anas sangat menekankan peran wanita dalam mendukung jalannya roda pemerintahan. “Saya ingin para camat dan istrinya kompak mendukung program pemerintah. Para camat kita minta mengupay-akan agar istri para kepala desa bisa terlibat aktif dalam kegiatan pembangunan,” katanya..Ketua TP PKK Ny. Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan, PKK dan organisasi wanita lainnya memiliki komitmen penuh untuk men-dukung penuh program-program pemerintah daerah. “Salah satu bentuk dukungan kami diwu-judkan melalui program pengentasan kemiski-nan yang dikemas dalam program seribu untuk
Banyuwangi (Ibuwangi),’’ papar Bupati Anas.

Hasil dari program Ibuwangi itu disalurkan kepada anak yatim, dhuafa dan ibu-ibu peda-gang mlijo. Rakor PKK se- Bakorwil Malang itu dimanfaatkan PKK Banyuwangi untuk promo wisata. “Selamat datang di Banyuwangi, dan kami tunggu kedatangan kembali di Banyuwangi pada kesempatan lain”ujar istri bupati yang akrab disapa Ibu Dani itu.

Koordinator Bakorwil III Malang, Ny. Elvina Achmad Zaelani me-nyampaikan beberapa program yang sudah dilaksanakan. Antara lain upaya tiap Pokja PKK dalam  menyosial-isasikan pentingnya per-an serta wanita dalam berbagai hal melalui seminar-seminar ke-wanitaan. Pokja I menekankan pada pola asuh anak, dimana  gadget memberikan dampak positif dan negatif bagi anak. Pokja II concern pada program kekuatan kelompok khusus (Poksus) usaha peningka-tan pemberdayaan keluarga (UP2K).

Pokja III memfokuskan pada pemantapan percepatan konsumsi pangan yang bergizi bagi keluarga. ”Sedangkan okja IV intens menggarap bidang sosial kemasyarakatan melalui peningkatan peran dan kapasitas PKK dalam kegiatan yang variatif bagi penderita kanker,’’ jelas Elvina.Pada kesempatan itu, Elvina menyampaikan program yang dilaksanakan pada semester II .Pada minggu ke-3 September 2012,  PKK Provinsi Jatim akan mengadakan rakor di Ja-karta yang pesertanya adalah Ketua III TP PKK

Kabupaten dan Ketua Pokja I – IV. Berikutnya pada bulan Oktober, akan digelar Jambore PKK dan lomba 10 program pokok PKK. Sementara untuk Perwosi, pada bulan Oktober dan November akan ada pelatihan wasit putri untuk cabang olahraga bola voli untuk pemula. Tiap-tiap kabupaten diminta mengirimkan 2 orang wakilnya.

Dan pada bulan Desember,Perwosi Jatim akan menggelar rapat kerja. Di akhir acara, tausiyah KH Acmad Siddiq. Tausiyah itu para ibu diingatkan kembali akan hakikat kepemimpinan wanita dalam perspektif Islam. Dalam tausiyah itu pula disampaikan tugas-tugas kaum ibu untuk selalu mengayomi suami dan intens memberikan per-hatian pada anak-anaknya. (afi/aif)

Loading...