Kejahatan Anak Tanggung Jawab Siapa?

0
401
OLEH AKBP NANANG MASBUDI, Sik, Msi
OLEHAKBP NANANG MASBUDI, Sik, Msi
OLEH
AKBP NANANG MASBUDI, Sik, Msi

KENAKALAN anak sering disebut dengan “juvenile delinquency” atau biasa diartikan sebagai “kejahatan remaja” dan dirumuskan sebagai suatu kelainan tingkah laku, perbuatan atau pun tindakan remaja yang bersifat asosial, bertentangan dengan agama, dan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku dalam masyarakat. Selama tahun 2012, beberapa tindak pidana yang melibatkan anak baru gede (ABG) kerap mewarnai angka kriminalitas di Bumi Blambangan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dari catatan yang direkam Polres Banyuwangi, ada beragam tindak pidana yang pelakunya melibatkan anak-anak. Mulai kasus pencurian hingga kasus pembunuhan. Simak saja, terungkapnya kasus curanmor di wilayah Muncar dengan 12 TKP, ketua dan anggota sindikat pelakunya masih anak-anak. Kedua, terungkapnya kasus curanmor enam TKP di wilayah Polsek Wongsorejo juga melibatkan anak-anak berusia 14 tahun. Selain itu, pencurian toko emas di wilayah hukum Polsek Tegaldlimo juga dilakukan oleh enam anak di bawah umur.

Bahkan, kasus pembunuhan dengan korban Rima Lutfi a, 16, di Srono juga dilakukan oleh dua tersangka yang masih anak-anak. Beberapa kejahatan jalanan seperti pemerasan, pemalakan, pencurian helm, pelecehan seksual,  serta penyalahgunaan miras maupun narkoba, juga melibatkan anak-anak. Rangkaian kejahatan oleh anak di atas  hanyalah sebagian saja yang terdata atau tertangani oleh Polres Banyuwangi atau kebetulan terekspos oleh media massa.

Mungkin masih ada beberapa kasus lain yang dilakukan oleh ABG, baik dengan jenis kejahatan yang serupa maupun berbeda. Dalam ilmu kriminologi dikenal istilah dark number (angka gelap) pada data statistik kriminal kepolisian. Di mana sangat  dimungkinkan tidak semua kejahatan dan pelanggaran yang terjadi di masyarakat masuk ke dalam data statistik kriminal karena beberapa hal. Ada kasus yang penyelesaiannya cukup di tingkat RT/RW.

Perlakuan terhadap Kejahatan Anak Semua manusia pasti mendambakan mempunyai keluarga dan kehidupan yang bahagia. Demikian pula dengan anak-anak ,mereka juga mendambakan suatu kehidupan yang nyaman karena terlindungi dan tenteram karena ada kebahagiaan. Kenyataannya yang mereka hadapi sangatlah jauh berbeda. Mereka  merasakan hidup dalam aturan-aturanyang tidak menyenangkan dan bahkan menyakitkan. Mereka merasakan aturan yang ada tidak adil dan membelenggu kebebasan mereka.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last