Kemudi Rusak, Kapal LCT Cipta Nyaris Hanyut

0
914

KALIPURO – Kapal LCT Cipta Harapan XII milik PT. Bahtera Ferry Sentosa yang mengangkut puluhan kendaraan nyaris hanyut terbawa arus laut di Selat Bali sekitar pukul 18.00 Kamis (29/10) malam kemarin. Musibah itu terjadi lantaran kapal tersebut mengalami  trouble kemudi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Akibatnya, kapal pun terombang-ambing di tengah laut beberapa jam. Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kapal yang mengalami rusak kemudi itu ditarik kembali ke Pelabuhan LCM Ketapang. Informasi yang diperoleh Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin, LCT Cipta Harapan XII itu bertolak dari Pelabuhan LCM Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk pukul 17.00.

Sekitar satu jam perjalanan, atau tepatnya saat mendekati lampu kuning di perairan Gilimanuk, tiba-tiba kemudi kapal sarat muatan kendaraan itu mengalami trouble. Kontan, kejadian itu menimbulkan kepanikan beberapa sopir di dalam kapal karena takut kapal hanyut terbawa arus.

Dengan kondisi kemudi kapal rusak, otomatis nakhoda kapal tidak bisa mengarahkan ken daraan menuju dermaga. Beruntung, sang nakhoda memilih langkah yang tepat pada saat kemudi kapal rusak. Lantaran sudah dekat dengan daratan, nakhoda memutuskan melempar jangkar di pantai yang tidak jauh dari dermaga Gilimanuk agar tidak hanyut.

Loading...

Kepala Kantor Unit Pelabuhan Penyeberangan (KUPP) Kelas III Ketapang, lspriyanto, mengatakan yang dilakukan nakhoda itu tepat. Meski kemudi rusak, tapi nakhoda mampu mengendalikan kapal. “Kalau tidak disandarkan ke pantai. kapal itu bisa hanyut terbawa anis di Selat Bali,” jelas lspriyanto.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last