Kena Kanker, TKI Asal Muncar Lumpuh

0
665


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dirawat di Taiwan, Keluarga Minta Dipulangkan

BANYUWANGI – Rizal Syah, 26, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Mangunrejo RT 03 RW 03, Desa Blambangan Kecamatan Muncar, ditemukan lumpuh oleh Keluarga Migran Indonesia (KAMI) Banyuwangi. Saat ini,  Rizal sedang dirawat di Wuci  Tung’s Taichung Branch Hospital, Taiwan.

Ketua Keluarga Migran Indonesia (KAMI) Banyuwangi, Topan  Hadi Sucipto mengatakan, sakit  yang dialami Rizal itu berawal dari sakit tangan yang kemudian  menjalar ke punggung belakang leher, hingga kemudian seluruh badan mengalami kelumpuhan.

Saat ini, Rizal hanya bisa berbicara tanpa bisa menggerakkan  anggota badannya. KAMI mengetahui kasus tersebut dari laporan Keluarga Migran Indonesia yang berada di  Taiwan. Dari laporan itu, Rizal Syah dikabarkan sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Pihaknya juga telah melakukan  pendampingan keluarga, dengan membuat pengaduan ke Dinas  Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Banyuwangi bersama perwakilan PT. Flamboyan Gemajasa untuk  pemulangan Rizal Syah. “Pihak keluarga menginginkan agar Rizal Syah dipulangkan dan dirawat di  Banyuwangi agar dekat keluarganya,” terang lelaki yang akrab disapa Krishnadi.

Lanjut Krishnadi, Rizal Syah berangkat ke Taiwan pada 3 Agustus 2016 lalu. Ia bekerja di Pabrik Benang Ming Pao Interprise Co. Ltd di daerah Yuanlin Twonship  Changhua County Taiwan. Pada awal bekerja Rizal tidak mengalami masalah. Namun setelah  tujuh bulan bekerja, Rizal mulai mengeluh kondisi tubuhnya kurang sehat.

Setelah dilakukan  general check up di rumah sakit  di Taiwan, ternyata diketahui ada  kanker di bagian tenggorokan hingga menyebabkan kelumpuhan dan tidak bisa bergerak. Sementara itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi segera melakukan upaya pemulangan Tenaga Kerja Indonesia  (TKI), Rizal Syah, yang sakit lumpuh, dan sedang menjalani  perawatan di Wuci Tung’s Taichung Branch Hospital, Taiwan.

Kemarin (6/3) rencana pemulangan TKI Rizal Syah itu langsung dibahas dalam rapat yang digelar di ruang mediasi hubung an industrial Disnakertrans Banyuwangi, kemarin (6/3). Rapat tersebut langsung dipimpin Kepala Dinsosnakertrans, Syaiful  Alam Sudrajat di dampingi Kepala Bidang Penempatan Tenaga  Kerja (Penta), Nunuk Sri Rahayu.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh sejumlah dinas instansi  terkait. Mulai dari Dinas Kesehatan, perwakilan dokter dari RSUD Blambangan, dan  perwakilan dari Serikat Buruh  Migran Indonesia (SBMI). “Kita  upayakan untuk pemulangan Rizal Syah dari Taiwan. Pihak PT  dan agensi juga siap membantu  untuk membiayai pemulangan dari Taiwan menuju Bandara Juanda,” ujar S. Alam Sudrajat.

Alam menjelaskan, untuk biaya pemulangan dari Taiwan hingga ke Bandara Juanda akan  ditanggung oleh pihak PT Flamboyan Gemajasa dan Agensi yang memberangkatkan Rizal Syah. Sementara, dari Bandara juanda akan dijemput oleh mobil ambulans hingga menuju  RSUD Blambangan.

Jika tidak ada aral melintang, Rizal Syah akan tiba di Banyuwangi pada Rabu (8/3) pukul  04.00 besok. Namun, sebelum  dipulangkan pihak RSUD dan  Dinas Kesehatan akan meminta rekam medis terakhir Rizal Syah dari Rumah sakit yang di Taiwan, guna persiapan yang harus  dilakukan di RSUD.

“Mohon do’anya semoga perjalanan Rizal Syah ke Banyuwangi berjalan lancar, dan  segera diberikan kesembuhan,” timpal Kabid Penta, Nunuk Sri  Rahayu. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :