Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Kerap Banjir, Gorong-gorong Diperbesar

kerapGENTENG – Pemerintah gen car melakukan perbaikan fasilitas di sejumlah wilayah di Banyuwangi. Salah satunya, perbaikan goronggorong dan pelebaran jalan di Jalan Gajah Mada, Genteng. Proyek tersebut masih berlangsung hingga kemarin. Namun demikian, perbaikan gorong-gorong tersebut mulai memunculkan persoalan. Sebab, gorong-gorong yang melintang di bawah jalan tersebut terlalu kecil dana akan diperbesar.

Nah, perbaikan gorong-gorong itu memunculkan persoalan baru. Sebab, di samping kanankiri saluran irigasi tersebut ada bangunan permanen. Bangunan itulah yang menjadi kendala. Sebab, meski gorong-gorong di bawah jalan itu diperbesar, tetap aliran air tidak aka lancar, karena gorong-gorong di bawah bangunan permanen itu tidak bisa diubah. Jika ingin diperbesar juga, maka bangunan permanen tersebut harus dibongkar.

Pemerintah Desa Genteng Kulon mengakui perbaikan goronggorong tersebut sangat baik demi mencegah banjir. Sebab, gorong-gorong kecil tidak akan mampu menampung volume air saat banjir. ‘’Dampaknya, kampung tengah dan utara sering banjir,” cetus ketua BPD setempat, Rudi Hartono, kemarin. Namun, menurutnya, ada masalah penting yang patut dijadikan perhatian.

Dia menyebut, perbaikan gorong-gorong dari dana kucuran Pemprov Jatim itu tidak akan maksimal. “Sebab, ada bangunan permanen yang berdiri di atas gorong-gorong itu,” katanya. Dia menduga ada yang tidak beres dalam proses perizinan bangunan tersebut. Sebab, bangunan tersebut berdiri di atas lahan pemerintah, yaitu lahan milik Dinas Pengairan. ‘’Kalau sudah permanen, tidak bisa gorong-gorong di bawahnya diperbaiki,” sesalnya. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE