Ketua PITI Jatim: Muslim Harus Berperilaku Islami

0
432

ketuaBANYUWANGI – Pengajian Ad Dhuha Masjid Nurul Ummah, Kelurahan Pakis, KecamatanBanyuwangi menghadirkan pembicara Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jatim, Ustad Syaukani Ong pada Minggu lalu (24/3). Pengajian ini merupakan hasil kerja sama dengan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) DPD Banyuwangi. Dalam kesempatan itu, Ketua Ikadi Banyuwangi, Ust. Imam Basuki, S.Sos dan Ketua Takmir Ust. Muhammad Firdaus S.Pd.I turut mendampingi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ustad Syaukani Ong mengatakan, saat ini banyak orang Islam namun tidak mencerminkan perilaku Islami. Padahal Nabi Muhammad SAW mengajarkan serta menganjurkan untuk selalu menjaga lisan, hati, serta pola perbuatan. “Nabi Muhammad tidak pernah mengejek, tapi mengajak. Sehingga perilaku serta perbuatan Nabi sangat mulia. Ini yang harus kita contoh dengan sebenarnya,” jelas lelaki yang juga salah satu pendiri Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia itu.

Syaukani menceritakan ketertarikannya terhadap agama Islam sejak kelas tiga SMP. Sewaktu duduk si bangku SMP, dia kerap mendengarkan pelajaran agama Islam. Maklum, di era itu hanya mata pelajaran agama ini yang diberikan di sekolah. “Karena saya nonmuslim, maka saya berada di luar kelas hingga mata pelajaran itu selesai. Saya pun otomatis mendengarkan apa yang diajarkan guru,” tuturnya. Sambil menguping di luar kelas, dia mulai bertanya-tanya mengenai kondisi alam di sekitarnya.

Salah satu pertanyaan yang sering terlintas di kepalanya adalah bagaimana pohon tebu dan tanaman cabai bisa tumbuh berdampingan dan mendapat air dari sungai yang sama, tetapi memiliki rasa yang beda yaitu manis dan pedas. “Saya berpikir pasti ada yang mengatur dan sangat hebat. Dan Tuhan yang mengatur pasti satu, kalau lebih dari satu biasanya ada kompromi dan hasilnya belum tentu bagus. Saya pun menarik kesimpulan, Allah kah di atas segala ini,” katanya. (radar)

Loading...