Kirab Budaya Nusantara di Desa Tembokrejo

0
929

Berlangsung Semarak


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MUNCAR- Menyambut datangnya 1 Muharram atau bulan 1 Suro, warga Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, menggelar bersih desa. Kegiatan yang bertajuk Festival Tembokrejo, dimulai dengan kirab budaya Nusantara kemarin (11/10).

Acara kirab budaya itu, mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Ribuan warga tumplek blek di sepanjang jalan yang dilalui peserta kirab budaya yang dilepas oleh Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko dengan start di Stadion Untung Suropati, Desa Tembokrejo, dan finish di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Brak Kalimoro.

Ketua panitia penyelenggara, Anom Basori, mengatakan kegiatan  Festival Tembokrejo itu  merupakan kegiatan yang rutin  dilaksanakan setiap tahun. Acara itu untuk menyambut  datangnya bulan Muharram atau Suro. Dalam acara ini, juga  digelar berbagai hiburan.

Loading...

“Puncaknya malam satu Suro, kita  laksanakan pagelaran wayang  kulit semalam suntuk,” ujarnya. Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai, terang dia, diselenggarakan ritual adat baritan yang disertai  tumpeng sewu di sepanjang  jalan Desa Tembokrejo.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2