Klenteng Wayangan Lakon Petruk Takon Bopo

0
545


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Hari ulang tahun ke-233 hari kebesaran bertakhtanya Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio berlangsung semarak kemarin. Sejumlah rangkaian hiburan menarik ditampilkan.

Sejak pagi digelar pertunjukan wayang kulit di halaman Klenteng Hoo Tong Bio, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi. Wayang kulit dengan dalang Ki Gaguk Pandu Asmoro dari Desa Yosomulyo, Kecamatan  Gambiran, itu mengambil cerita  Petrok Takon Bopo. Sejak pagi, pergelaran seni wayang kulit itu dipadati sejumlah  masyarakat pencinta seni wayang  kulit.

“Setiap tahun saya selalu hadir menyaksikan wayang kulit di sini (klenteng),” ungkap Eko Susanto, 43, salah seorang warga Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Banyuwangi.  Menariknya, pergelaran wayang  kulit kemarin dihadiri Ketua MUI  Banyuwangi, KH. Mohamad Yamin, dan Ketua Parisada Hindu Dhrama Indonesia (PHDI) Banyuwangi, Suminto.

Loading...

“Kami hadir karena diundang pengurus klenteng dalam rangka ulang tahun,”  ujar Yamin.  Kedatangannya bersama anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banyuwangi  itu hanya beberapa menit untuk sekadar menyapa dan mengunjungi pengurus Klenteng Hoo  Tong Bio, Banyuwangi, sebagai  bentuk kepedulian dan menumbuhkan kebersamaan di tengah keberagaman.

Seluruh anggota  FKUB akan hadir dalam acara  puncak malam resepsi peringatan  nanti malam. “Kebetulan kami pengurus hanya berkunjung, sebagai bentuk dorongan moral dan kebersamaan. Tidak ada agenda apa pun,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum  TITD Hoo Tong Bio Banyuwangi, Susana Indriati, menambahkan usai pertunjukan seni wayang  kulit tersebut pada Jumat malam (24/2) dilaksanakan sembahyang  tumpengan yang akan diikuti seluruh umat.  Sore ini akan diselenggarakan sembahyang kebesaran dilanjutkan malam resepsi peringatan hari ulang tahun ke-233 hari kebesaran bertakhtanya Yang Mulia  Kongco Tan Hu Cin Jin di Gedung  Serbaguna TITD Hoo Tong Bio, Banyuwangi, yang akan dihadiri ribuan umat se-Banyuwangi dan  sejumlah kota besar di Jawa Timur.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, selain ada pergelaran seni wayang kulit, sejumlah persiapan lain sudah dilakukan,  di antaranya penataan dekorasi  pentas, kursi, serta tempat persembahyangan. Para pengurus klenteng juga sudah mulai menata tas berisi snack, makanan, dan minuman, untuk menyambut kedatangan para tamu. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Kata kunci yang digunakan :