Komnas HAM Pantau Tambang

0
401
Emas yang ada di Tumpang Pitu itu, bukan warisan dari nenek moyang kita. Melainkan anugerah Allah untuk rakyat Banyuwangi.” ABDULLAH AZWAR ANAS Bupati Banyuwangi

Rekomendasikan Pemkab Pakai Pola Golden Share


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI  – Diam-diam, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengamati kegiatan tambang emas yang dilakukan PT Indo Multi Niaga (IMN) dan masyarakat di Gunung Tumpang Pitu. Tidak hanyamengamati, Komnas HAM juga melakukan pemantauan langsung kegiatan tambang emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi itu.

Dari hasil pengamatan dan pemantau itu, Komnas HAM mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan pada Bupati Abdullah Azwar Anas. Rekomendasi itu tertuang dalam surat Komnas HAM Nomor :431/K/PMT/III/2012 yang diteken Johny Nelson Simanjuntak sebagai komisioner.

Salah satu poin penting dalam rekomendasi itu adalah kebijakan Pemkab Banyuwangi soal pembagian hasil pertambangan atau golden share. Dalam rekomendasinya, Komnas HAM meminta Pemkab Banyuwangi untuk membuka komunikasi dengan PT IMN guna mendapatkan golden share tersebut.

Komnas HAM menilai, merundingkan mengenai pembagian hasil itu merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk memperjuangkan kepentingan pemerintah dan hak-hak dasar masyarakat Banyuwangi. Pembagian hasil pertambangan emas itu, dinilai Komnas HAM sebagai hak dasar rakyat Banyuwangi melalui pemerintah daerah yang harus di dapatkan.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last