Kontes Kambing Hias Jenis Etawa Meriahkan Hari Jadi Desa Kaliploso yang Ke-20

0
1114

BANYUWANGI – Festival kambing hias meriahkan hari jadi Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi yang ke 20, Minggu (28/10/2018). Acara tersebut diikuti oleh puluhan komunitas peternak kambing etawa se Kabupaten Banyuwangi.

Rudi Hartono, Kepala Desa Kaliploso menyampaikan, kontes ini berawal dari ide dari kelompok ternak yang ada di desanya. Meraka berinisiatif untuk memeriahkan hari jadi desa dengan mengadakan kontes yang pesertanya para pecinta kambing etawa se Kabupaten Banyuwangi.

“Selain dalam rangka untuk meningkatkan nilai jual, kami ingin dengan adanya kontes ini, para peternak kambing yang ada di desa kami lebih termotivasi dengan hal itu,” ungkapnya.

Rudi juga menyampaikan, ada dua hal yang saat ini ditonjolkan oleh Desa Kaliploso, pertama yaitu pertanian dan yang ke dua adalah peternakan. Dan fetival atau kontes kambing etawa ini merupakan salah satu cara kami untuk berkembang.

“Kita ingin memperlihatkan kepada warga bahwa di Desa ini punya banyak potensi yang jika dikembangkan akan menjadi awal dan cikalbakal kesejahteran warga,” tegasnya.

Dengan adanya beberapa kegiatan ini, Rudi berharap, seluruh masyarakat Desa Kaliploso, mengeti bahwa pada dasarnya desa itu milik kita bersama, bukan milik kepala desa atau milik perangkat. Oleh karena itu ia mengajak seluruh warga bersama sama berperan aktis dalam membangun desa.

“Langkah awal yaitu kita harus betul – betul menyadari bahwa di desa banyak potensi, setelah itu bersama sama membangun dan mengembangkan potensi tersebut untuk mewujudkan kesejahteraan warga,” pungkasnya.

Baca :
Pantau Pergerakan Pemudik, Dirikan 17 Checkpoint