Korslet, Terbakar, lalu Meledak

0
233
Petugas Damkar Genteng dibantu warga berusaha memadamkan api yang membakar truk tangki pengangkut BBM dijalan raya Jember Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, kemarin (19-7).

Truk Tangki Pertamina Terbakar di Kaligondo

GENTENG – Truk tangki milik Pertamina terbakar dijalan raya Jember, tepatnya di Dusun Kaliwadung, RT 20, RW 6, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, pukul 05.00 kemarin (19/7). Tidak ada korban dalam kebakaran itu. Sebab, api hanya membakar bagian belakang truk bernopol N 8188 UC tersebut.

Sopir truk, Sugiarto, 42, warga Entongan, Desa/Kecamatan Glagah selamat tanpa luka sedikit pun. Sedang kernetnya, Moh. Ghozali, 42, warga Kecamatan Licin menglami luka gores di jari tangan iri karena tersangkut kawat saat mengambil Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

“Kita baru mengantar solar, jadi tangki kosong,” cetus sopir truk tangki, Sugiarto. Menurut Sugiarto, sejak berangkat dari SPBU di Jalan Gajah Mada, Jember, truk tangki yang disopiri tidak ada masalah. Tapi ketika melintas di jalan raya Jember, Desa Wadung Dolah, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, dilihat ada percikan api di tangki bagian belakang.

“Ada percikan api, truk saya pinggirkan, lalu api membesar dan terdengar suara ledakan,” katanya seraya menyampaikan kalau saat itu juga langsung keluar dari kabin bersama kernetnya.

Sopir dan kernet itu, berupaya memadamkan api yang mulai membesar menggunakan APAR yang sudah disiapkan di kendaraan. Mungkin karena panik, sang kernet Ghozali tidak bisa memfungsikan alat pemadam kebakaran tersebut. Bahkan, jarinya malah terluka karena terkena kawat.

Loading...

“Saat menarik ujungnya, tangan saya kecantol,” cetus Ghozali. Kebakaran truk tangki yang akan mengangkut 24 ribu liter solar itu membuat warga di sekitar kejadian geger. Jalan raya jurusan Banyuwangi-Jember juga sempat ditutup sementara.

“Saya langsung keluar rumah saat mendengar suara ledakan keras,” cetus Heru Triawan, 36, warga yang rumahnya persis di depan truk tangki yang terbakar. Meliltat api sudah mulai membesar, Heru berusaha menolong memadamkan api dengan menyiramkan pasir ke arah trutk itu.

Melihat sopir dan truk yang terlihat panik dia juga ikut ketakutan. “Saya ambil pasir untuk memadamkan api, tapi melihat sopir dan kernet tidak berani, saya ya diam,” jelasnya. Meski merasa takut, Heru mengaku masilt menguasai keadaan.

Melihat truk tangki yang terbakar itu dari arah barat, dia yakin tangki dalam keadaan kosong dan tidak akan meledak. “Jelas tangki baru mengirim BBM,” ujarnya. Warga lainnya, Toni Kristianto, 24, yang berada di jarak 200 meter saat truk tangki itu terbakar mengatakan api yang membakar tangki pengangkut BBM itu sebenarnya keciL. Tapi karena upaya pemadaman awal yang gagal, api akhirnya membesar.

“Pemadaman terlambat, akhirnya api membesar,” terangnya. Api yang membakar truk tangki itu akhirnya bisa dijinakkan setelah mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Kecamatan Genteng tiba di lokasi.

“Saat dilapori ada kebakaran ini, kebetulan kita sedang memanasi mobil, jadi langsung meluncur,” cetus petugas damkar, Sutikno. Sementara itu, Kapolsek Genteng Kompol Sumartono melalui Kanitlantas, Iptu Dalyono yang langsung meninjau lokasi saat ada kebakaran menyampaikan truk tangki pengangkut BBM itu diduga terbakar karena korsleting kabel di bagian belakang.

“Api akibat korsleting kabel,” katanya. Dari hasil pemeriksaan, jelas dia, kondisi kendaraan sebenarnya masih cukup bagus. Truk tangki yang terbakar itu, berencana akan ke Ketapang, Kecamatan Kalipuro, setelah mengantar BBM ke salah satu SPBU yang ada di Jember. `

“Kondisi kendaraan cukup bagus kok,” cetusnya. Untuk memperjelas kebakaran itu, pihaknya akan memanggil penanggung jawab kelaikan kendaran dari Pertamina. Pemanggilan itu, memperjelas kondisi kendaraan. “Besok petugas dari Pertamina akan kita panggil ke polsek,” katanya. (radar)

Video Truk Tangki Pertamina Terbakar di Kaligondo

loading...