KSM Subur Lestari Produksi Obat Organik

0
322
TEPAT GUNA: Anggota KSM Subur Lestari mengolah urine sapi menjadi pupuk organik.
TEPAT GUNA: Anggota KSM Subur Lestari mengolah urine sapi menjadi pupuk organik.

BANYUWANGI – Para petani yang tergabung dalam KSM Subur Lestari, Kelurahan Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, layak menjadi contoh. Di bawah BKM Karya Bersama, PNPM Mandiri Perkotaan (MP), mereka mampu memproduksi pupuk organik.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pupuk organik buatan para petani KSM Subur Lestari yang diberi label “Inorgan” itu berbahan dasar urine sapi. “Ide membuat pupuk organik Inorgan ini awalnya hanya obrolan anggota, lalu direalisasikan,” cetus ketua KSM Subur Lestari Slamet.

Loading...

Slamet menyebut, awal munculnya ide membuat pupuk organik ini setelah para petani resah karena hasil tanaman pertanian rusak karena diserang hama. Karena sering bangkrut, petani sampai trauma jika harus menanam padi. “Dari kumpul-kumpul itu muncul ide membuat pupuk organik dengan bahan urine sapi,” katanya.

Upaya para petani yang akan membuat pupuk organik ini, mendapat dukungan dari PNPM MP. Mereka, selanjutnya membentuk KSM Subur Lestari dengan ketua Slamet. KSM Subur Lestari ini, bagian dari BKM Karya Bersama Kelurahan Kebalenan. “Kita mengajukan dana ke PNPM MP melalui BKM Karya Bersama,” sebutnya.

Dari pengajuan ini, jelas dia, BKM Karya Bersama PNPM MP menyalurkan dana dari BLM APBN sebesar Rp 7 juta. Selain itu, juga ada dana tambahan dari swadaya sebesar Rp 780 ribu. “Kita beli peralatan dan mesin untuk memproduksi pupuk organik,” jelasnya. Singkat cerita, pupuk organik karya para petani anggota KSM Subur Lestari ini ternyata luar biasa.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2