Lacak Berkas Hanya Butuh 5 Menit

0
344
SESEPUH SAMSAT: Nur Hasyim di ruang gudang penyimpanan berkas motor dan mobil kantor Samsat Banyuwangi.
SESEPUH SAMSAT: Nur Hasyim di ruang gudang penyimpanan berkas motor dan mobil kantor Samsat Banyuwangi.

Di kantor Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap (Samsat) Banyuwangi, nama Nur Hasyim, 52, cukup popular. Pekerja harian lepas (Phl) yang bertugas di bagian dukumen berkas sejak 27 tahun lalu itu dikenal sebagai mbahnya Samsat Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

-AGUS BAIHAQI, Banyuwangi-

SOSOK Nur Hasyim di bagian gudang penyimpanan berkas Samsat dikenal sangat sederhana dan agak lugu. Meski tergolong senior, tidak jarang bapak empat putra itu menjadi objek gojlokan teman-temannya yang umumnya berusia lebih muda. Di gudang berkas di gedung paling belakang kantor Samsat Banyuwangi ada enam karyawan yang setiap hari bertugas mencari berkas surat motor dan mobil.

Demi memuaskan pelayanan, mereka harus cepat mencari berkas yang jumlahnya mencapai jutaan berkas tersebut. “Yang ada di gudang ini berkas motor dan mobil se-Kabupaten Banyuwangi,” cetus pria yang tinggal di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Kabat, itu. Berkas yang disimpan itu dibutuhkan setiap ada warga yang akan balik nama dan ganti STNK yang biasanya dilakukan setiap lima tahun sekali.

Meski lama menumpuk, Hasyim dan karyawan lain harus bisa cepat mencari berkas itu. “Kalau sampai lama, kita bisa kena semprot pemohon balik nama atau yang akan ganti STNK,” katanya. Hasyim mengaku sudah tidak bisa menghitung berapa kali kena semprotan pemohon. Tetapi, semua itu dianggap angin lalu dan tidak pernah dimasukkan dalam hati. “Dulu saat belum tertata sering kena semprot, kalau sekarang ya jarang,” ujar lulusan MAN Banyuwangi itu.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last