Lahan PDAU Disewakan

0
683
SUDAH BESAR: Pohon sengon tumbuh di kawasan unit Perkebunan Kelapa Blambangan, Kecamatan Muncar.
SUDAH BESAR: Pohon sengon tumbuh di kawasan unit Perkebunan Kelapa Blambangan, Kecamatan Muncar.

MUNCAR – Perkebunan Blambangan Muncar ternyata tidak hanya menghasilkan gula merah. Sebab, sebagian lahan sudah disewakan ke warga sekitar untuk ditanami pohon sengon.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hingga kemarin, tanaman sengon di lahan Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) tersebut sudah cukup besar. Informasi yang diperoleh wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi menyebutkan, pohon sengon di lahan PDAU tersebut sudah berusia beberapa tahun.

’’Sengon itu sudah lama. Gak tahu kapan dipanen,’’ ungkap Suja’i, salah satu petani jagung di perkebunan itu. Suja’i tidak mengetahui secara pasti, berapa luas lahan PDAU yang ditanami pohon sengon. Hanya, secara umum harga sewa lahan per setengah hektare hanya Rp 650 ribu.

’’Saya sewa lahan ini sebelum ada sengon itu,’’ kata warga Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar, itu  Dia membeberkan, semua lahan di area perkebunan ter sebut sudah tidak ada lagi yang kosong. Artinya, se mua lahan sudah banyak yang dikelola warga.  ‘’Hampir semua lahan kebun (PDAU, Red) sudah disewa orang.

Loading...

Yang menyewa banyak juga dari luar kecamatan,’’ katanya.  Bentuk sewa tersebut ditandai dengan kuitansi. Jika sudah memiliki kuitansi, maka sangat mudah untuk memperpanjang penyewaan. ‘’Sewa setahun boleh, memperpanjang sewa juga gak apa-apa. Tapi kalau di gantikan, terserah yang menyewa,’’ jelasnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2