Lampion Bambu Laris Jelang Hari Pramuka

0
548

lampionBANYUWANGI – Menjelang peringatan Hari Pramuka Kamis mendatang (14/8), para perajin bambu kerja keras kejar setoran. Mereka mempercepat pekerjaan dan berbagai pesanan untuk menyambut festival lampion. Seperti yang dilakukan salah satu perajin di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Banyuwangi, kemarin (11/8). Para perajin mulai menjemur bambu yang sudah dicat. Bambang Tri, 52, salah satu perajin bambu mengatakan, pesanan untuk Hari Pramuka sudah selesai 80 persen.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Satu gugus sekolah memang memesan perlengkapan festival lampion kepadanya. Guslah tersebut terdiri atas tujuh sekolah dasar.Atas pesanan guslah tersebut, Bambang mengerjakan sekitar 106 batang lampion dan 24 miniatur penyu. Guslah tersebut mengambil tema konservasi penyu untuk festival lampion tahun ini. Selain itu, dia juga membuat replika penyu yang berukuran cukup besar.Untuk lampion, Bambang mengerjakan mulai bambu, hiasan sampai pada lampu dan saklar.  

Karena yang akan menggunakan lampion adalah anak-anak, lampion harus mudah digunakan. Sehingga, dia membuatkan sekalian dengan saklar agar anak-anak tidak perlu membuat saklar lampu sendiri. Sedangkan untuk replika penyu, dia menggunakan bahan spons kursi, stereofoam, dan bambu. Bambang yang juga anggota Pramuka itu mengaku sering mendapat job saat musim festival lampion.

Karena pembuatan simbol-simbol Pramuka tidak bisa jika dibuat sembarangan, karena setiap simbol tersebut ada maknanya. Untuk pengerjaan simbol itu, kata dia, harus selesai Rabu malam mendatang (13/8). Karena esoknya akan diambil untukdibagikan. “Yang jelas, tarifnya lebih murah daripada orang umum yang memesan, karena saya sendiri orang Pramuka,”ujarnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :