Larung Kepala Kambing

0
151
KAIL EMAS: Wabup Yusuf Widyatmoko menyematkan anting dan kail emas pada kepala kambing.

PESANGGARAN- Ribuan masyarakat Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran berkumpul di Pantai Pancer untuk menggelar ritual petik laut, kemarin. Meski digelar secara sederhana, namun masyarakat setempat cukup antusias untuk berpartisipasi dalam acara yang dihadiri oleh Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko tersebut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ketua panitia yang juga Kepala Desa Sumberagung, Murwanto mengatakan, dalam kegiatan rit-ual ini yang diutamakan adalah kebersamaan dan doa untuk keselamatan, juga kesejahteraan warga Desa Sumber Agung khususnya warga Pancer. Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko mengharapkan pelestarian ritual dan budaya tidak harus digelar dengan megah, namun niat dari warga setempat untuk menjaga warisan leluhur dan menjaga kebersamaan antar warga.

“ Ritual ini harus terus diletarikan agar tidak punah, namun saya berharap ma-syarakat tidak terbebani dengan kegiatan ini “ harapan Wabup. Usai memberi kata sambutan, Wabup Yusuf didampingi Mus-pika Pesanggaran, menyematkan anting-anting dan pancing emas di kedua kepala kambing yang sudah disembelih.

Selanjutnya kepala kambing tersebut dilarung ke laut. Acara dilanjutkan dengan mandi bersama di laut yang di-lakukan oleh ribuan warga Pancer. “Air laut yang telah dilarung sesaji dipercaya bisa membuang sial dan diyakini memberikan keselamatan “ katanya Sutarji, salah seorang warga Pancer. (radar)

Loading...