Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Latihan Sea Survival dan SAR Digelar di Selat Bali

Foto: timesindonesia.co.id
Foto: timesindonesia.co.id

BANYUWANGI – Latihan Sea Survival atau edukasi bertahan hidup di atas laut serta simulasi pencarian dan penyelamatan (SAR) digelar selama 6 hari ke depan di Banyuwangi, tepatnya di perairan Selat Bali mulai Senin (18/11/2019).

Dilansir dari Timesindonesia.co.id, dari pelatihan ini diharapkan tim satuan operasi dapat meningkatkan kemampuan serta wawasan dalam menghadapi permasalahan di atas laut. Sehingga mampu bertindak dan bertahan hidup apabila terjadi kecelakaan.

Pelatihan ini dilakukan dengan skala besar, yang diikuti oleh sejumlah unsur. Di antaranya, SAR TNI AL/ AD, Basarnas dan Polri. Serta diikuti oleh pihak pelabuhan, baik itu dari pihak Ketapang Banyuwangi maupun Gilimanuk.

“Kita hari ini melakukan latihan penanganan atau pertolongan pertama kecelakaan di laut, khususnya untuk kapal penyeberangan,” kata Wadirlat Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Edi.

Prabowo mengatakan, alasan dipilih lokasi ini, karena selat Bali merupakan titik lalu lintas laut yang padat.

“Karena itu, kerjasama dan sinergitas diperlukan oleh keduanya. Selain itu, sinergitas dengan aparat lainnya juga terwujud disini, dengan adanya latihan SAR ini,” kata pria yang menjabat sebagai Asops Danlantamal V tersebut.

Tujuan latihan ini dalam rangka melatih dan meningkatkan kemampuan, serta kesiapan operasional unsur-unsur satuan operasi.

Melalui latihan ini, diharapkan peserta dapat menguasi proses perencanaan dan pelaksanaan operasi tugas pencarian di laut. Kemudian, juga menguasai dan mahir dalam melaksanakan Medical First Responder (MFR), Medical Evacuation (Medivac) dalam pelaksanaan pencarian dan pertolongan (SAR) di laut.

Selain itu, juga tercapainya pola pikir, pola tindak yang sama antar stake holder dalam pencarian dan pertolongan di laut.

“Puncaknya ada operasi langsung penanganan pada hari minggu nanti, di Selat Bali,” kata Prabowo.

“Ada skenario yang sudah disiapkan yang akan dilakoni oleh kurang lebih 490 personil gabungan. Nantinya, sejumlah speedboat dan helikopter juga kita turunkan,” pungkasnya.

Latihan Sea Survival dan SAR di Banyuwangi ini sangat membutuhkan kesiapan fisik yang prima.

Dimana banyak tantangan yang harus diatasi, dengan dilandasi oleh profesionalisme, semangat serta kesungguhan dalam melaksanakan latihan akan dapat dicapai latihan yang optimal.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE