Layanan Foto Kontras Menunjang Diagnosa

0
299
CANGGIH: Seorang pasien sedang menjalani layanan foto kontras di RS Al Huda Gambiran.

GAMBIRAN-Instalasi Radiologi RS Al Huda Gambiran memberikan layanan radiodiagnostik 24 jam dengan menggunakan berbagai teknik radiologi. Sebagian besar untuk mendiagnosa berbagai kondisi medis, termasuk penggunaan sinar-X, CT Scan,danUSG.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Lisa Rohmah, SSi, MMRS, Apt, Kepala Bidang Penunjang Medis RS Al Huda menjelaskan bahwa pemeriksaan radiologi dapat menggambarkan organ dan sistem dalam tubuh yang tidak dapat diraba dan dilihat oleh mata secara langsung.

Di samping itu juga dapat memberikan informasi mengenai kelainan-kelainan, yang mungkin dijumpai pada organ-organ yang akan diperiksa. “Dengan penggunaan sinar-X, hampir semua organ dan sistem di dalam tubuh kita dapat diperiksa,” katanya.

Menurut Lisa, dengan menggunakan bahan kontras jaringan atau organ dapat terlihat, kelainan pada organ tersebut dapat didiagnosa. Bahkan dapat direkam dalam bentuk foto, yang dapat didokumentasikan sebagai penunjang hasil pemeriksaan dokter.

Lisa menyebutkan, macam-macam pemeriksaan yang menggunakan bahan kontras, antara lain IVP (Intra Venous Pyelography). IVP adalah pemeriksaan ginjal dengan memasukkan bahan kontras melalui pembuluh darah vena. Di samping itu, ada pemeriksaan colon in loop.

”Pemeriksaan secara radiologi, yang menggunakan bahan kontras positif, yaitu Barium Sulfat dan bahan kontras negatif, yaitu udara, dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran keadaan colonatau usus besar,” jlentrehnya. Pada pasangan yang infertil (tidak subur), lanjut dia, sering dilakukan pemeriksaan yang dinamakan HSG (Histero-salpingo-grafi).

Loading...

HSG dilakukan guna mendeteksi kondisi rahim dan saluran indung telur. HSG mempergunakan sinar X dan cairan khusus, yang memberikan reaksi warna putih, jika diberi sinar X. Selanjutnya akan “tercetak” bentuk rahim serta saluran indung telur (tuba). “Sehingga dokter dapat menentukan, ada tidaknya kerusakan atau sumbatan pada saluran reproduksi dimaksud,” imbuhnya.

Di samping itu, imbuh dia, ada beberapa kelainan yang bisa dideteksi dengan HSG. “Antara lain, Mioma uteri, Polip rahim, Adesi atau perlengketan, dan Endometriosis,” sebutnya. Setiap wanita yang mencari pengobatan untuk bisa hamil, saran dia, harus menjalani pemeriksaan ter sebut.

Selain untuk kelainan ra him dan tuba, ternyata HSG juga meningkatkan angka kehamilan pada sejumlah wanita. Sebab, pemeriksaan HSG membantu membersihkan dan membuka sumbatan tuba yang ringan. “Hampir semua pemeriksaan radiolologi kontras memerlukan persiapan khusus agar diperoleh hasil pemeriksaan yang maksimal,” tandasnya.

Misalnya sebelum dilakukan pemeriksaan kontras, papar dia, pasien perlu diet bubur halus, minum pencahar, dan puasa. Pemeriksaan radiologi dengan bahan kontras dilakukan oleh dokter spesialis radiologi dibantu oleh radiografer.

“Seyogyanya, dokter pengirim atau perujuk memberikan ketera ngan klinis, yang sesuai dengan surat permintaan radiologi untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” pesannya. Ingin tahu lebih banyak soal layanan radiologi? Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan radiologi, silakan menghubungi Lisa Rohmah, SSi, MMRS, Apt di nomor telepon 081559555546 atau 0333-300633 atau 0333-842033 ext. 321. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :