Lindungi Laut, Disperiklut Buat Dua Zona

0
315

lindungilautHasil Sarasehan di Pantai Cemara Udang, Pakis, Muncul Ide Wisata Bahari

BANYUWANGI—Dinas Perikanan dan Kelautan dan (Disperiklut) Kabupaten Banyuwangi menggelar pembinaan kelompok ekonomi masyarakat pesisir, Jumat (13/6). Kegiatan dengan tema Pengelolaan Pantai Cemara Pakis untuk Konservasi Penyu, digelar di Pantai Cemara, Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi. Dalam pertemuan itu hadir Kepala Disperiklut Banyuwangi, Ir Pudjo Hartanto bersama kelompok masyarakat pesisir.

Selain itu, hadir Lurah Pakis Joko Handoko, Lurah Kampung Mandar Bambang Puwanto, perwakilan Bappeda, perwakilan Badan Lingkungan Hidup (BLH). Ada pula dari kantor Konservasi Sumber Daya Alam Banyuwangi, Banyuwangi Sea Turtle Foundation, BPJS, Dinas Kesehatan, serta beberapa undangan lainnya. Dalam sambutannya, Kepala Disperiklut, Ir Pudjo Hartanto mengatakan, pertemuan ini didasarkan atas keprihatinan Disperiklut terhadap kondisi kelautan di sepanjang Kabupaten Banyuwangi. 

Padahal, terang dia, luas perairan di Banyuwangi dapat membantu pengembangan ekonomi, khususnya di bidang perikanan. Dikatakan, sejak tahun 2011 hingga saat ini, produksi tangkap ikan tidak bertambah naik. Padahal Banyuwangi itu identik dengan Muncar, dan Muncar identik dengan ikan. Namun faktanya, jelas dia, kuantitas ikan yang dihasilkan Banyuwangi menurun drastis, khususnya ikan lemuru. “Dulu sebelum tahun 2002, hasil tangkapan ikan di Muncar itu 80 persen adalah ikan lemuru.

Namun sekarang hanya menghasilkan tidak kurang dari 20 persen. Yang mengkhawatirkan, saat ini produksi ikan lemuru malah import,” terang Pudjo kemarin. Oleh sebab itu, Disperiklut akan berupaya mencari solusi agar kondisi kelautan Banyuwangi kembali normal. Salah satunya, jelas dia, membuat peringatan agar tidak menangkap ikan dengan potas maupun bom. Langkah lain, membuat zona. Zona ini terbagi menjadi dua, yaitu zona pemanfaatan dan zona perlindungan.  

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Kemenkumham Puji Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Banyuwangi