Makan Sop Ikan Bersama 252 Balita

0
487
DIKALUNGI BUNGA: Kadinkes Banyuwangi Hariadji Sugito (dua dari kiri) ketika menghadiri acara gebyar anak TokCer di Puskesmas Tampo, Kecamatan Cluring kemarin.

Gebyar Anak TokCer di Puskemas Tampo


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

CLURING – Mempersiapkan generasi berkualitas adalah tanggung jawab kita bersama. Mustahil negara akan kuat tanpa ketersediaan generasi yang berkualitas dan cerdas. Puskesmas Tampo, Kecamatan Cluring pimpinan Sudarmawan bersama Camat Cluring, Norawi, Kades Tampo Suparno, serta ketua tim penggerak PKK tingkat kecamatan sampai desa, mengambil peran terdepan guna ikut menyukseskan program Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dan Kadinkes Hariadji Sugito.

Yaitu program kadarzi anak TokCer (keluarga sadar gizi, anak tumbuh optimal berkualitas dan cerdas) demi tercapainya program Banyuwangi cerdas 2015. Tidak ketinggalan Ketua Tim Penggerak PKK Banyuwangi, Ny. Ipuk Fiestiandani Anas, serta Kadinkes Banyuwangi ikut hadir membaur bersama masyarakat terutama para kader Posyandu, ibu-ibu lansia, balita, ibu balita se Desa Tampo. Dari jelas terlihat bahwa sinergisitas semua elemen masyarakat demi suksesnya program anak TokCer betul-betul terwujud di Bumi Blambangan.

Dalam arahannya di hadapan 252 ibu balita, 40 kader posyandu, 50 ibu lansia, dan masyarakat yang hadir, Ny. Dani Azwar Anas ber- harap untuk selalu menimbang berat badan secara teratur. Selain itu memberi ASI eksklu- sif selama enam bulan, makan beraneka ragam, memakai ga- ram beryodium, dan mem- beri suplemen yang dianjurkan. “Semua ini adalah indikator dari kadarzi anak Tokcer,” katanya. Dalam acara yang dilaksanakan di Posyandu Anggrek Desa Tampo ini, juga diadakan pemberian makanan tambahan berupa makan sop ikan bersama 252 balita.

Ada juga pemberian garam beryodium kepada seluruh ibu yang hadir, pemberian suplemen kepada balita bergaris merah serta pembagian sabun mandi. “Semua ibu yang hadir sebagai bentuk pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat dan cuci tangan sehabis melakukan akti- vitas,” kata Darmawan. Masih kata Darmawan, yang tidak kalah pentingnya kesuksesan program anak TokCer ini, adalah terlibatnya Camat Clur- ing dan Kades Tampo serta para karyawan Puskesmas Tampo.

“Semua tidak pernah henti- hentinya menyosialisasikan program anak TokCer kepada masyarakat,” tuturnya. Darmawan juga menyam- paikan, dia dan Camat Cluring serta masyarakat Cluring, me- nyampaikan selamat dan sukses kepada Ny. Dani Azwar Anas atas penghargaan yang diterima dari Mendagri Pakarti Madya I tingkat nasional pelaksana teknis pemanfaatan toga kategori kabupaten tahun 2012. (radar)