Marinir Gelar Praktik Rock Climbing

0
520


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PESANGGARAN –Korps Marinir TNI AL menggelar latihan perang di Pantai Lampon, Dusun Ringinsari, Desa/ Kecamatan Pesanggaran. Sebanyak 32 personel, sejak 4 Februari mengikuti latihan di sekitar Pantai Selatan itu.

Kemarin (16/2), para anggota Marinir  itu menjalani latihan rock climbing di Gumuk Kikik yang berlokasi di sebelah timur gerbang masuk Pantai Lampon,  Dusun Ringinsari, Desa Pesanggaran. Menurut Komandan Sekolah Khusus (Sesus) Marinir, Mayor (Mar) Joko Fitrianto,  melalui Kaur Alindik Sesus Pusdik Kodikmar Surabaya, Peltu (Mar) Bambang  RS, para peserta pendidikan intai Amfibi  itu dilatih memanjat tebing batu. Latihan itu dilakukan agar dalam bertugas  para calon pasukan khusus ini bisa menjangkau  lokasi musuh.

“Kita lewat tanpa diketahui oleh orang,” katanya. Dalam latihan ini, terang dia, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Dari setiap kelompok, satu personel akan menjadi leader  dan menyiapkan jalur pendakian dengan diikuti personel lainnya.

Sebelum pendakian dimulai, seluruh peserta harus mematuhi aturan yang ketat, termasuk standar operasional prosedur  (SOP), dan kelengkapan keamanan seperti helm,  sepatu, harness, dan lainnya. “Yang leader pakai  sepatu panjat, diikuti personel lainnya,” ucapnya.

Usai menyelesaikan pendidikan ini, mereka resmi menyandang gelar sebagai batalyon  intai Amfibi. Setelah jadi pasukan intai, latihan  serupa akan ditingkatkan dengan memanjat  tebing langsung dari laut. “Jadi kalau sudah  jadi Taifib, mereka datang dengan perahu lalu  naik ke tebing,” jelasnya. (radar0

Loading...

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :