Masuk Sepuluh Besar Desa Terbaik Banyuwangi

0
209

GENTENG – Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, masuk dalam sepuluh besar desa terbaik di Banyuwangi. Padahal, total desa yang ada di Bumi Blambangan berjumlah 180 desa. Predikat itu merupakan hasil tim penilai lomba desa yang berkunjung di desa tersebut Rabu (10/4) lalu. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Banyuwangi, Peni Handayani, hadir langsung untuk memimpin penilaian.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Peni disambut kepala desa (Kades) Genteng Wetan, Hasan Ismail beserta jajaran BPD dan semua perangkat desa. Selain itu, Muspika Genteng juga hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Kades Hasan Ismail menjelaskan, bahwa masyarakat di desanya memiliki beragam potensi. Antara lain home industry pembuatan songkok, pakaian muslim, dan produksi makanan khas. Selain itu, kata Hasan, masyarakat di desanya banyak yang bergelut dalam dunia usaha pembuatan tahu dan tempe.

Tidak sedikit pula warga yang sukses di bidang budidaya jamur. ’’Kami (pemerintah desa, Red) terus mendukung itu semua demi meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat,’’ ulasnya. Dari sisi sosial, papar dia, pihaknya rutin menggelar santunan anak yatim sekali dalam sepekan. Kegiatan tersebut diselenggaran tiap Jumat yang dipusatkan di Dusun Canga’an. ’’Acara itu sudah berlangsung lama dan akan terus kita jaga jangan sampai berhenti,’’ papar Hasan.

Kades Hasan juga mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kegiatan gotong-royong, kebersihan lingkungan, dan keamanan desa akan terus ditingkatkan. ’’Hal itu dalam rangka mendukung program Pemkab Banyuwangi menjadi lebih baik, rakyat makmur, dan sejahtera,’’ tandasnya. Usai memberikan paparan di depan tim penilai, Kades Hasan juga menunjukkan beberapa bukti berupa dokumentasi setiap pelaksanaan kegiatan. Sebagai penguat, ada beberapa hasil produksi yang dipamerkan langsung di halaman kantor desa tersebut.  (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :